Ampuh! 5 Respons Ini Bakal  Bikin Kamu Menang Jika Digosipin Tetangga Kost-anmu
Sumber: https://www.gannett-cdn.com/-mm-/ac688ee

Single / 30 January 2019

Kalangan Sendiri

Ampuh! 5 Respons Ini Bakal Bikin Kamu Menang Jika Digosipin Tetangga Kost-anmu

Naomii Simbolon Official Writer
3696

Namanya juga berbagi atap dengan penghuni lain, terkadang berbagai permasalahan mewarnai kehidupan anak kost.

Mulai dari kamar kosnya yang jorok, jadwal piket dapur (kalau dapurnya bersama), urusan buang sampah sembarangan, hingga mengalami momen diomongin oleh tetangga kamar.

Bicara soal diomongin tetangga. Kurasa, ini salah satu momen yang tidak diinginkan siapa pun apalagi kamu. Perasaanmu pasti campur aduk, antara kesal, malu, sekaligus kepo ingin tahu lebih lanjut pendapat orang tentang dirimu.

Rasanya ingin melabrak saja ya. Tapi sebagai anak Tuhan, jangan deh, karena sikap itu kurang elegan. Lagipula, langsung melabrak gitu nggak akan bikin kamu berhasil meredam gunjingan mereka kok, yang ada mereka malah akan menggunjingkanmu lebih banyak lagi dan kamu semakin sedih dan tak menjadi berkat.

Nah, dari pada berfokus sama omongan orang, mungkin kamu bisa bertanya, apa yang bisa kamu lakukan untuk menjadi tetangga yang baik bagi mereka.

Lakukan beberapa tips ini :

1. Bersikap ramah

Tersenyumlah pas ketemu mereka dan berkenalanlah. Perkenalkan diri kamu, jika kamu belum pernah bertemu dengan mereka dan temukan sesuatu yang menarik untuk dibicarakan.

Kamu mungkin harus memulai, karena nggak semua tetangga kost itu ramah, jadi cobalah.

Kamu juga bisa menemukan teman yang akan mendukung dan membantu kamu di lingkungan kost tersebut nantinya.

2. Jadilah tetangga yang baik dengan memperhatikan tingkat kebisingan kamu di kamar kost.

Pastikan kamu nggak menganggu orang-orang di sekitar kamu dengan pesta, musik, atau punya anjing yang suka menggonggong keras di kamar.

Buatlah aturan dalam kamar kostmu sendiri, bahwa musik dan percakapan harus berakhir sampai jam 8 atau 9 malam, misalnya.

Pada intinya, perhatikan orang-orang di sekitar kamu ya!

3. Kontrol hewan peliharaan kamu

Ada saja sih tempat kost yang memperbolehkan membawa hewan peliharaan. Kost anku misalnya.

Nah, jika itu terjadi padamu maka kontrol hewan peliharaanmu ya, dan jangan biarkan dia menggonggong tanpa henti atau berkeliaran di koridor kostan.

Kalau dia masuk ke kamar kost orang lain, gimana? Kalau dia buang air kecil disembarang tempat, gimana?

Masalah banget sih pasti, dan kamu akan digunjing.

4. Bicarakan jika ada masalah

Jika ada masalah seperti urusan sampah yang berantakan di dapur, atau kamar mandi umum yang jorok, dan lain sebagainya, sebaiknya bicarakan baik-baik masalahnya dengan mereka.

Jangan langsung marah-marah dan bersikap negatif. Jika kamu marah dan menyalahkan tetangga kamar kost kamu maka mereka akan bersikap defensif.

Dengan bicara dan menyelesaikan baik-baik, maka kamu dan teman kost jadi bisa saling mengenal satu sama lain. Masalah juga bisa teratasi dengan baik dan tetap jadi berkat.

5. Menemukan titik temu, seperti olahraga, hobi, iman atau minat

Nah, semakin kamu bisa mengenal seseorang, maka semakin banyak masalah yang bisa teratasi. Bahkan ketika mereka butuh bantuan, mereka bisa datang ke kamu dan doakanlah mereka.

Mencintai tetangga berarti kamu harus mengenali mereka. Jadi, jangan mengasingkan diri dengan mereka ya. Keluar dari kamar kamu, buang semua pikiran negatifmu atas gunjingan mereka dan berlatihlah mencintai mereka.

Jadi, teman-teman, inilah kesempatan bagi kamu untuk mempraktikkan, kesopanan, pengampunan dan kasih.

Sumber : berbagai sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami