Nggak Cuma Alkohol, Apa Saja Bisa Jadi Penyakit Jika Di Makan Berlebihan. Misalnya Telur!
Sumber: Fhm.co.id

Health / 28 January 2019

Kalangan Sendiri

Nggak Cuma Alkohol, Apa Saja Bisa Jadi Penyakit Jika Di Makan Berlebihan. Misalnya Telur!

Naomii Simbolon Official Writer
2642

Tahu nggak sih kalau ternyata, telur itu baik untuk kesehatan kamu, tetapi juga buruk buat kesehatan kamu.

Lah gimana maksudnya ya?

Pertama, para peneliti dalam Penelitian Nutrisi dan Makanan Molekuler memeriksa darah lebih dari 200 orang selama 2 dekade dan menemukan bahwa mereka yang lebih banyak makan telur cenderung didiagnosis diabetes.

Menurut American Diabetes Association, hampir satu dari sepuluh orang Amerika menderita diabetes tipe 2 dan menjadikan diabetes sebagai penyebab kematian ketuju mereka.

Sebelumnya, para ahli kesehatan memperingatkan bahwa mengosumsi telur bisa menyebabkan penyakit jantung yang mematikan karena kolestrol yang dikandungnya. Namun, menurut American Heart Association, kamu bisa mengkomsumsi telur selama itu adalah bagian dari diet sehat untuk jantung.

Seorang penulis buku terlaris sekaligus Ahli Saraf yaitu David Perlmutter mengatakan dengan sedih, bahwa ada banyak orang yang masih berpegang teguh pada keyakinan bahwa telur itu nggak sehat,

Dia mengatakan bahwa tubuh kita dan otak kita tergantung pada kolestrol baik yang berasal dari telur.

"Telur utuh itu mengandung semua asam amino esensial yang kita butuhkan untuk bertahan hidup, vitamin dan mineral, ditambah anti-oksidan  yang dikenal untuk melindungi mata kita. Selain itu, telur juga mengandung banyak pasokan kolin yang sangat penting untuk membantu fungsi otak yang sehat serta kehamilan.."

Perlmutter mengatakan bahwa telur itu sehat. Dia malah merekomendasikan telur sebagai menu sarapan di atas sereal atau roti panggang.

"Makanan yang kaya kolestrol, seperti telur sangat membantu dan harus dianggap sebagai makanan otak. Penyebab sesungguhnya orang mengalami penurunan fungsi otak dan kesehatan adalah karena memakan makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi pada karbohidrat  yang tinggi pula," katanya.

Sebenarnya, segala sesuatu bisa menjadi penyakit jika kita tak hati-hati dan makan berlebihan. Bukan begitu?

Jika kita makan dengan porsi yang pas dan tepat, maka itu tak akan menjadi penyakit. Jadi jangan takut untuk mengkomsumsi telur ya, tetapi jangan jadikan telur sebagai lauk-pauk utama kamu selama bertahun-tahun. Pastikan kombinasikan telur dengan buah, dan makanan sehat lainnya.

1.  Telur itu baik untuk kesehatan mata

Telur mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Kalau kamu kurang makan vitamin A, maka mata kamu bisa rabun. Sementara kamu tak ingin matanya rabun, maka sesekali makanlah telur. Selain itu, Telur juga mengandung Lutein  dan Zeaxanthin , dua antioksidan yang memegang peranan penting dalam  kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya.

2. Telur itu mengandung Kolin, jadi baik untuk perkembangan dan kesehatan otak

Pernah dengar kolin nggak sih. Kolin itu nutrisi yang sangat penting bagi otak kita, dan banyak orang yang tak mendapatkan ini dengan jumlah yang cukup. Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangunmembran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.  Dan dalam sebutir telur mengandung 100 miligram kolin. Jadi, komsumsilah telur.

So, buat kamu yang takut makan telur dan memberi si kecil makan telur karena beberapa faktor yang menakutkan. Mending bertobat deh! Komsumsilah telur secukupnya dan jangan lupa doakan sebelum dikomsumsi ya.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami