Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
534


Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan yang bisa menyerang manusia lewat berbagai cara. Tahukah kamu kalau pola makan kita jadi salah satu jalan utama timbulnya kanker dalam tubuh? Sepanjang perjalanan hidup kita, kebanyakan dari kita mungkin mengalami berbagai penyakit baik ringan maupun berat. Dan kanker adalah salah satu penyakit yang tentu saja akan sangat menyulitkan hidup kita.

Kanker mulai tumbuh dari sel-sel abnormal atau tumor kecil yang menempel di bagian organ tubuh tertentu. Tumor akan tumbuh semakin besar dan mempengaruhi jaringan dan organ dimana akhirnya menyebabkan kegagalan organ dan kematian.

Kanker payudara, darah, prostat dan usus merupakan kanker yang paling umum dialami oleh masyarakat kita. Kanker usus adalah kanker ketiga paling rentan menyerang manusia. Dengan 655.000 kematian di seluruh dunia per tahun, kanker ini jadi jenis kanker yang paling mematikan. Meskipun jangka waktu pertumbuhan kanker ini membutuhkan beberapa tahun, namun mendiagnosis penyakit ini lebih awal memberikan harapan sembuh yang lebih besar bagi penderita.

Baca Juga :

Hindari Terkena Kanker Usus Dengan Konsumsi Apel

Berry Hitam Dapat Mencegah Kanker Usus Besar

Adapun diagnosa awal yang bisa dilakukan oleh penderita penyakit kanker usus adalah dengan menyadari gejala-gejala berikut:

Tanda 1: Kelelahan

Tanda pertama kanker usus adalah sering mengalami kelelahan. Hal ini terjadi karena kanker usus menyebabkan anemia defisiensi besi yang bisa menyebabkan sesak napas dan kehilangan energi dalam tubuh.

Tanda 2: Tinja disertai darah

Kalau kamu buang air besar disertai darah dan hal itu dipastikan bukan karena sembelit atau wasir, bisa jadi itu adalah pertanda kanker usus.

Tanda 3: Pendarahan di bagian dubur

Mungkin kamu merasa jika bagian dubur serasa sakit dan menyebabkan pendarahan. Waspadalah kalau-kalau hal itu pertanda kanker usus.

Tanda 4: Tinja berukuran kecil

Kalau kamu menemukan kalau pergerakan usus mulai berubah, mulailah berhati-hati. Kanker usus bisa menyebabkan ukuran tinja berubah menjadi kecil dan tidak normal. Hal ini bisa terjadi karena kanker yang tumbuh di dalam usus menyebabkan penyempitan saluran pembuangan.

Tanda 5: Perut kembung

Kanker usus juga bisa menyebabkan perut kembung, nyeri, mual dan muntah. Kalau kamu mungkin merasakan tanda-tanda ini, pastikan untuk berkonsultasi lebih dini dengan dokter ahli.

Diagnosa awal ini bisa kamu lakukan dengan melaporkan gejala yang kamu alami kepada doktermu. Jika diperlukan, ikutilah prosedur pemeriksaan atau tes yang disebut kolonoskopi dimana dokter akan melihat bagian keseluruhan usus.

Dengan mengetahui bahaya dari kanker usus, ada baiknya kamu menghindari beberapa jenis makanan penyebabnya ini.

  • Acar. Karena rasanya yang asam dan pedas, mengkonsumsi acara setiap hari hari secara berlebihan bisa menganggu enzim dalam sistem pencernaan dan menyebabkan kanker usus.
  • Popcorn yang dimicrowave. Kantung dimana microwave popcorn dibuat mengandung bahan kimia yang disebut diacetyl yang merupakan penyebab dari kanker usus pada manusia.
  • Makanan kalengan. Minuman dan makanan kalengan seperti sarden, sup dan sebagainya bisa mengandung racun berbahaya yang dikenal dengan bisphenol A yang tidak hanya bisa mempegaruhi sel-sel otak, tapi juga bisa memicu pertumbuhan sel-sel kanker di usus.
  • Daging panggang. Kalau kamu adalah penggemar ayam panggang dan barbeque, kamu mungkin perlu menghindarinya. Karena daging panggang diketahui mengandung banyak karsinogen yang bisa menyebabkan kanker usus.
  • Minuman beraerasi (bersoda). Minuman bersoda juga bisa jadi penyebabkan kanker usus dan bahkan kanker jenis lainnya. Hal ini disebabkan karena minuman bersoda mengandung sirup jagung fruktosa tinggi yang merupakan jenis karsinogen.
  • Minyak sayur terhidrogenasi. Minyak nabati tertentu diesktraksi secara kimia dari sumbernya sehingga mengandung banyak racun dan karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

Kita berkuasa atas tubuh kita sendiri. Bahkan dalam Alkitab sendiri, Tuhan secara terang-terangan memerintahkan kita untuk membedakan makanan yang bia dimakan dan tidak bisa dimakan. Namun seiring dengan kecanggihan teknologi dan ide manusia untuk menciptakan makanan-makanan yang enak dilidah, membuat manusia lupa bahwa makanan olahan yang dicampur dengan beragam zat kimia justru lambat laun akan merusak tubuh.

Selagi masih belum terlambat, yuk mulai atur pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan pilihan yang ramah terhadap lambung dan usus kita.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

egbert burton 14 July 2019 - 10:40:19

Berhalakah gambar Tuhan yang dipajang dalam Gereja

0 Answer

Budo RMB 13 July 2019 - 21:59:42

Berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk.. more..

0 Answer

Irvan Ishak 13 July 2019 - 07:43:47

Welyar kauntu

0 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Fun Run Juli week 3


7266

Banner Testify Juli week 3