Sibuk Kerja dan Jarang Pulang? 2 Cara Menarik Bikin Hadirmu Kembali Bagi Si Kecil!
Sumber: vitalityworks.com.au

Parenting / 18 January 2019

Kalangan Sendiri

Sibuk Kerja dan Jarang Pulang? 2 Cara Menarik Bikin Hadirmu Kembali Bagi Si Kecil!

Naomii Simbolon Official Writer
1961

Workaholic jadi sebutan bagi orang yang gemar bekerja, dan kamu sendiri salah satu dari mereka. Saking semangatnya bekerja terkadang membuat kamu lupa waktu, terutama bagi yang bekerja di kantor dan bolak-balik ke luar kota.

Mungkin bukan workaholic, melainkan kamu sibuk dengan sekian banyak pekerjaan dikarenakan kamu menduduki sebuah jabatan penting dalam sebuah perusahaan sehingga tanggung jawab membuat kamu sibuk kesana-kesini, pergi pagi-pulang malam.

Bagi para single, mungkin ini bukanlah sebuah masalah yang parah, tetapi bagaimana jika kamu adalah orangtua dan memiliki anak kecil?

Serangkaian kekuatiran pasti muncul dari pikiran kita :

"Bagaimana aku bisa menyediakan waktu untuk keluarga sementara aku sibuk banget seperti ini?"

"Bagaimana aku bisa tidur dengan nyenyak?"

Dalam gaya hidup yang sangat sibuk seperti ini, kita harus berjuang melawan kelelahan dan bagaimana kita bisa mengatur waktu lebih efektif untuk menjadi orang tua atau ibu yang terbaik yang kita bisa untuk anak-anakmu.

Berikut adalah beberapa hal yang saya bisa bagikan agar orangtua terutama ibu bisa menjaga keseimbangan pekerjaan dengan keluarga :

1. Kamu harus memiliki rencana dan jadwal

Ketika kamu tidak memiliki rencana, maka hal ini akan membuat kamu bingung dan muncul.

Kamu harus memiliki rencana sehingga kamu tahu mana yang prioritas dan mana yang nggak.

Masalahnya, setiap hari selalu ada hal yang harus kita lakukan, tetapi ada hal-hal yang prioritas dan ada yang tidak untuk hari itu.

Misalnya, kamu ingin foto-copy sebuah dokumen, sementara kamu masih membutuhkannya 2 hari lagi, sedangkan ada sebuah prioritas yang harus kamu lakukan yaitu menyediakan kopi untuk atasan dan tamu meeting.

Melakukan dua hal sekaligus dalam waktu yang sama hanya akan bikin kamu buru-buru, sok sibuk dan semua menjadi terbengkalai. Dan kamu kelelahan deh!

2. Jadwalkan waktu bersama keluarga

Kamu harus benar-benar tegas dengan waktu. Kamu harus memisahkan waktu khusus untuk suami dan anak-anak kamu.

Kegagalan kita sebagai orang tua adalah tak mampu menyediakan waktu dengan keluarga dan salah prioritas.

Sisakan waktu setiap weekend untuk jalan-jalan atau sekedar menghabiskan waktu bersama di rumah.

Matikan handphone kamu, jangan menge-cek email, dan nikmati waktu bersama keluargamu.

Jadikan ini sebuah kebiasaan, dan jadwal khsususmu sehingga karyawan atau orang-orang memahami bahwa waktu-waktu weekend kamu membutuhkan privasi.

Jangan abaikan keluargamu ya, itu sangat penting!

Saya mengenal beberapa anak yang terlahir dalam keluarga yang berkecukupan. Apapun yang mereka inginkan bisa di dapatkan dengan uang dan meminta kepada orang tua. Sayangnya, mereka terbaikan dari perhatian orangtua mereka karena kesibukan dan jadwal yang tak bisa orangtua atur dengan baik. Apa yang terjadi?

Anak tumbuh tidak sempurna dan mengalami kekosongan. Mirisnya, mereka menjadi jauh dari Tuhan dan melakukan tindakan yang bodoh akibat pelarian dan kepahitan dengan orang tua mereka.

Mungkin anakmu tidak menunjukkan sikap itu, tetapi percayalah mereka bisa membenci kamu dan sangat merindukan kehadiranmu.

Tuhan memberikan anak sebagai hadiah, yang harus dirawat baik-baik dan di perhatikan. Bukan dibungkus dalam lemari dibiarkan busuk tanpa dipedulikan.

So, pedulikan anakmu sekarang dan berhikmatlah dalam mengatur waktumu!

 

 

Sumber : crosswalk/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami