Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
737


Bagi orang Kristen, Alkitab adalah dasar kebenaran absolut dan petunjuk tentang cara hidup setiap hari. Ini adalah sumber dari banyak prinsip, moralitas, ideologi dan nilai-nilai. Bahkan aturan hukum negara didasarkan pada ayat firman Tuhan.

Salah satu prinsip yang disampaikan Tuhan di dalam firmannya adalah soal keuangan. Keuangan adalah sesuatu yang dibahas di dalam Alkitab secara tegas. Ada beragam prinsip keuangan yang disampaikan seperti prinsip menabung, membelanjakan uang dan bahkan sampai pada prinsip berhutang.

Jadi, buat kamu yang mungkin perlu cara mengelola keuangan yang benar dan menghindari kebiasaan salah memakai uang, bisa menerapkan 4 prinsip ini.

Prinsip 1 : Bijaklah saat waktunya harus berhenti

Amsal 23: 4 mengatakan, “Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini.” Ayat ini menyiratkan hikmat dalam hal kehidupan finansial kita. Jelas dikatakan kalau kita seharusnya tidak mencapai titik dimana kita mengorbankan kesejahteraan kita sendiri demi uang.

Jadi kalau ternyata pekerjaan atau kerja kerasmu untuk mencari uang justru membuatmu tak bahagia, maka segera tinggalkan niat itu.

Prinsip 2: Jangan coba berutang

Amsal 22: 26-27 berkata, “Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan, dan yang menjadi penanggung hutang. Mengapa orang akan mengambil tempat tidurmu dari bawahmu, bila engkau tidak mempunyai apa-apa untuk membayar kembali?”

Ayat ini menyampaikan dengan jelas supaya kita jangan sekali-kali berhutang ke orang lain atau mengambil tanggung jawab atas hutang orang lain. Jangan pernah berpikir untuk sekali-kali berhutang atau meminjam sesuatu yang tak bisa kamu bayarkan kembali.

Prinsip 3: Belanjalah dengan tepat

Di kitab Yakobus dikatakan, ‘saat kamu meminta, maka kamu gak mendapat karena kamu salah meminta..’ Hal ini menjelaskan bahwa saat kita belanja, kita seharusnya jangan hanya mengikuti hasrat diri kita sendiri saja. Kita juga harus memikirkan kepentingan orang lain lebih dulu.

Baca Juga : Punya Banyak Uang Tak Jamin Bikin Hidupmu Bahagia, Jadi Pakailah Untuk Lakukan Hal Ini…

Prinsip 4: Belajarlah mengontrol diri

Seringnya kita harus mengontrol diri bahkan dalam hal keuangan. Kita seharusnya tak menghabiskan uang berlebihan dan hidup di luar kemampuan kita. Sebagai orang percaya, kita diajar untuk hidup dalam pengendalian diri dan mampu menahan diri kita dari hal-hal dunia yang membawa kita jatuh dalam keserakahan.

Jadi, mari dari hari ini menyelidiki hidup kita. Sudahkah kita hidup dengan bijaksana dan menghidupi firman Tuhan atas hidup kita?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bambang Wijaya 22 October 2019 - 18:49:03

Hidup lama adalah hidup yang penuh dengan

0 Answer

Tegar Ihsan 22 October 2019 - 18:31:58

Pengaruh perbedaan waktu pada kehidupan sehari har.. more..

0 Answer

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 4


7270

Banner Mitra Oktober Week 4