Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
160


Sekarang ini, gawai kayaknya sudah jadi perpanjangan tangan kita. Handphone nggak pernah berada lebih jauh 5 meter dari tangan kita. Pada Januari 2018 lalu, data dari We Are Social mengungkapkan kalau orang Indonesia setidaknya bisa berselancar di internet selama lebih dari 8 jam per harinya.

Media sosial adalah salah satu hal yang paling banyak dinikmati oleh kebanyakan orang. Kita pasti menyadari kalau sesuatu yang berlebihan itu seringkali membawa dampak buruk pada diri sendiri. Nah, agar media sosial tidak lantas menjadi toxic yang buruk bagi kepribadian kita, yuk singkirkan 5 kebiasaan buruk ini.

1.  Haus likes

Apa sih tujuan kita saat memutuskan untuk mengunggah foto di media sosial? Apakah foto itu untuk sekedar pamer tentang keseharian kita? Atau mungkin agar foto tersebut disukai oleh banyak orang? Tanpa sadar, keinginan agar foto kita disukai oleh banyak orang membuat kita menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan media sosial.

Di luar sana, masih ada banyak sekali hal yang jauh lebih bermanfaat untuk kita lakukan daripada sekedar menunggu siapa dan berapa likes yang akan kita dapat dati sebuah foto, lho.

2.  Berbagi tanpa baca isi

Untuk menarik perhatian pembaca, banyak informasi dari media sosial yang punya judul kontroversi. Biar dinilai update, nggak jarang dari kita membagikan informasi tersebut tanpa membaca isinya terlebih dahulu.

Padahal, membagikan sebuah informasi tanpa membaca isi itu sama saja seperti merekomendasikan sesuatu yang sebenarnya belum sama sekali kita coba. Syukur kalau hal itu adalah hal yang baik. Kalau buruk, gimana? Bisa-bisa hal tersebut menjadi kerugian bagi diri sendiri, lho.

3.  Saling sindir

Saking banyaknya orang yang pakai, ada saja sekelompok orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk menuangkan sindiriannya. Curhat di media sosial itu sah-sah aja, kok. Kalau tidak menyukai seseorang, ada baiknya kita langsung mengutarakannya.

Bukankah curhat di media sosial soal hal ini justru akan membuat kita kelihatan kekanak-kanakan? Selain itu, hobi menyindir di media sosial juga bisa berarti kita sedang membuka diri untuk nantinya bisa disindir balik.

4.  Mengunggah foto karena iri

Sedikit banyak, media sosial juga ikut mempengaruhi pola pikir kita. Ada banyak orang yang pengin mengikuti gaya ala-ala selebgram yang serba glamor, padahal dirinya biasa-biasa saja. Buat hal ini, sampai ada istilah BPJS alias budget pas-pasan jiwa sosialita, lho. Saking penginnya dinilai ‘wah’ sama orang lain di media sosial, kita sampai rela menghamburkan banyak uang untuknya.

5. Bermain media sosial tanpa kenal waktu

Buat hal ini, sampai banyak kampanye-kampanye di gereja yang menyuarakan untuk puasa bermain media sosial, lho. Mulai dari kita bangun sampai pergi tidur, kok  kayaknya mata ini nggak lepas dari media sosial. Buktinya aja, setiap ada waktu, kita cenderung langsung buka aplikasi media sosial untuk sekedar membuka story atau timeline teman-teman, bukan?

Media sosial nggak melulu buruk buat kehidupan kita, kok. Justru, kalau kita bisa memanfaatkannya dengan bijak, media sosial bisa menjadi wadah untuk mendapatkan informasi paling baru dan mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang yang terpisah jarak.

Di tahun yang baru ini, yuk kita ubah kebiasaan buruk saat bermain media sosial dengan hal-hal yang positif. Caranya mudah, kok. Cukup membiasakan untuk mem-follow akun-akun yang positif. Salah satu akun positif adalah @JawabanCom yang menyuguhkan beragam informasi soal kehidupan kita sebagai seorang Kristen.  

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us