Berbalut Baju Daerah, Natal PEWARNA dan Ormas Kristen Hadirkan Suasana Nusantara
Sumber: Pewarna Id

Nasional / 10 January 2019

Kalangan Sendiri

Berbalut Baju Daerah, Natal PEWARNA dan Ormas Kristen Hadirkan Suasana Nusantara

Budhi Marpaung Official Writer
2616

Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia bersama dengan sejumlah organisasi massa Kristen seperti antara lain Asosiasi Pendeta Indonesia (API), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI), Garda Mencegah dan Mengobati (GMDM), dan Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (BAMAGNAS) menyelenggarakan acara Natal di Function Hall Graha Rehobot Ministry, Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/1/2019). Mengangkat budaya Nusantara, para panitia dan undangan mengenakkan pakaian khas sejumlah daerah.

Dari pengamatan Jawaban.Com, pakaian khas sejumlah daerah yang terlihat di acara itu yaitu dari suku batak, betawi, dan Jawa. Kebaya menjadi busana yang paling banyak dikenakkan oleh kaum perempuan yang hadir.

Adapun tema yang diangkat pada Natal kali ini adalah “Kejarlah Damai Sejahtera dan Hidup Saling Membangun”.

Selain ormas-ormas Kristen, Natal ini juga didukung oleh sejumlah aras gereja seperti Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili di Indonesia (PGLII), dan Persekutuan Gereja Pentakosta di Indonesia (PGPI).


Diawali oleh pujian dan penyembahan dari muda-mudi lintas gereja, acara lalu langsung dilanjutkan dengan persembahan pujian dari sejumlah peserta didik Sekolah Tinggi Teologia (STT) Sunsogos dan STT Pokok Anggur. Mantan penyanyi cilik Agustina Hermanto atau dikenal dengan Tina Toon tampil sesudah itu.

Aktris yang kini maju sebagai calon legislatif tersebut membawakan dua buah lagu yakni Hidup Ini adalah Kesempatan dan Bersama-Mu.

Sebelum refleksi Natal, dilaksanakan prosesi penyalaan lilin. Diiringi lagu “Malam Kudus” yang dibawakan oleh Clara Panggabean, acara prosesi penyalaan lilin berjalan dengan penuh khidmat.

Baca Juga: Soal Natalan di Lapangan Monas, Pdt. Gomar Gultom: Nuansa Politik Sangat Kental

Sejumlah pimpinan dan perwakilan gereja, ormas Kristen, dan aras gereja dipanggil untuk mewakili organisasi dan memegang lilin besar yang telah disediakan oleh panitia. Tercatat diantaranya Pdt. Haposan Sianturi dan Pdt. Dantje Wulur mewakili Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI), Pdt. R.B Rory mewakili PGLII, Djasarmen Purba (mewakili MUKI), Pdt. Brigjen (Purn) Harsanto Adi (mewakili Asosiasi Pendeta Indonesia / API), Yusuf Mujiono (mewakili PEWARNA), Pdt. Erastus Sabdono (Mewakili Sinode Gereja Suara Kebenaran Injil /GSKI), dan Pdt. Jeffry Tambayong (mewakili GMDM).

Sebagai pembawa refleksi Natal, Pdt. Erastus mengajak semua yang hadir untuk merenungkan apakah kita sesungguhnya berkomitmen untuk mengejar damai sejahtera dan hidup untuk membangun.

Doa bagi persatuan bangsa menjadi penutup rangkaian acara Natal di hari itu.

Sumber : Jawaban.Com ; PEWARNA
Halaman :
1

Ikuti Kami