Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
643


Kisah-kisah ini pastinya sudah sangat akrab dengan kita.

Seperti, Musa dengan semak yang menyala. Lot dan penampakan malaikat Tuhan. Gideon yang menggirik gandum dalam wadah anggur. Saulus dalam perjalanan ke Damaskus.

Di hampir keseluruhan isi Perjanjian Lama dan Baru, kita melihat bagaimana Tuhan menerobos ruang dan waktu untuk menegaskan kembali soal kebenaran hakiki-Nya. Dia bisa muncul dimanapun, kapanpun dan untuk apapun itu. Waktu bukanlah halangan bagi Tuhan. Jarak dan ruang bukanlah tantangan bagi Dia. Dan jalan berliku kehidupan yang tak terduga sama sekali bukan hal yang misterius bagiNya.

Dalam hidup ini, mata kita akan sangat mudah melihat beragam persamaan yang terjadi setiap harinya, seperti bangun di pagi hari, bekerja, pulang ke rumah dan tidur. Begitulah rutinitas yang umum kita lakukan. Tapi ada kalanya kita diperhadapkan dengan masalah dan kesulitan yang bahkan terasa begitu berat. Tanpa sadar sebenarnya itu adalah perubahan halus yang terjadi dalam hidup kita sebagai pertanda munculnya musim baru yang membawa kita pada tujuan, cara pandang dan perjalanan yang baru.

Inilah yang Tuhan sampaikan dalam Yesaya 43: 19, “Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.”

Baca Juga :

Nantikan Terobosan Baru? Kamu Bisa Alami Itu dengan 7 Teladan Iman Yusuf Ini

Jangan Sampai Terlambat, Miliki 5 Hal Ini Untuk Menang Melawan Badai Kehidupan

Mari kembali ke kisah Musa. Bahkan saat menjadi seorang pelarian, dia sama sekali tak punya niat untuk meninggalkan rutinitasnya sebagai penggembala ternak dan kembali ke Mesir. Atau seperti Lot yang tak pernah berpikir akan kehilangan keluarga dan seluruh harta miliknya. Maria, ibu Yesus, juga tak punya rencana untuk mengandung seorang bayi sebelum menikah dengan Yusuf. Gideon tak punya rencana untuk menjadi pahlawan atau berperang dalam pembebasan bangsanya. Bahkan Raja Saul pun tak pernah berpikir akan menghentikan pekerjaan Tuhan melalui apa yang dia lakukan.

Tapi, saat mereka mencoba menjalani hidup dengan rencana mereka sendiri, Tuhan mengubah arah perjalanan itu sesuai dengan rencana-Nya. Sama halnya dengan hidup kita, hidup mereka dikoreksi oleh Tuhan supaya mereka mengalami kemurahanNya yang besar, supaya mereka lebih sabar dan dipenuhi dengan kasih. Tuhan bahkan menyertai setiap pekerjaan tangan mereka dan menghadiahkan mereka kemenangan demi kemenangan.

Perjalanan dari masing-masing tokoh Alkitab ini membuktikan kalau Tuhan itu mampu mengintervensi kehidupan siapapun. Alkitab juga menjelaskan kalau setiap pertemuan bukanlah sebuah kebetulan. Setiap pertemuan menjadi momen dimana kita bisa menyaksikan kuasa Tuhan bekerja dan mengubahkan hidup kita sepenuhnya.

Setiap momen yang dirancang oleh Tuhan menghasilkan respon yang mengubah segala sesuatu.

Perubahan ini bahkan bukan hanya sekadar momen singkat pewahyuan atau sukacita. Tapi pemahaman tentang nubuatan yang akan terjadi di masa mendatang dan apa yang seharusnya dilakukan untuk menghadapinya.

“Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.” (Mazmur 32: 8)

Di jaman ini, kita semua pasti rindu mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan. Kita menjadi seperti anak-anak yang akan meneliti semua isi halaman Alkitab, mencari-cari pesan yang Tuhan mungkin hendak sampaikan untuk kita, mampu menyegarkan dan memperbaharui hidup kita. Panggilan khusus yang Tuhan sudah sediakan atas hidup kita kembali membangkitkan harapan kita saat ini. Kita diingatkan kalau Dia adalah Tuhan yang sama baik kemarin, hari ini dan selamanya. Kita tak hanya membaca dongeng tentang sosok karakter yang mati. Karena Dia adalah Tuhan yang sudah menyusun rencana-Nya atas hidup semua orang percaya dengan sangat terperinci.

Di awal tahun ini, kita kembali datang untuk mencari wajah Tuhan dalam masa-masa doa dan puasa. Kita ingin kembali mencari kehendak-Nya dan ingin tahu kemana rute perjalanan hidup kita berikutnya. Kita mau kembali membangkitkan harapan yang sempat pupus, membangunkannya dan merekonstruksi kembali hati dan pikiran kita untuk kembali fokus pada tujuan-Nya.

Kita pasti setuju bahwa seseorang yang tahu persis semua hal yang akan terjadi adalah sosok yang paling pantas untuk memimpin kita di jalan yang benar. Kita pasti akan merasa tenang berjalan bersamanya bahkan ketika kita sama sekali tak tahu apa yang terjadi ke depan. Saat kita berada di tengah goncangan, kesulitan, rasa bosan menjalani rutinitas, kita bisa mengandalkan-Nya.

Tuhan sendiri selalu rindu untuk bertemu dengan kita. Saat kita mau datang kepada-Nya, maka Dia juga akan mendekat kepada kita.

Allah itu setia. Dia Allah yang maha hadir. Dia menyebut diri-Nya Bapa kita, sahabat dan penolong kita. Dia juga Allah pembela, yang dengan berani berada di depan kita menantang musuh yang mengolok-olok iman kita. Di dalam Dia semua masalah kita tampak kecil dan ringan.

Dia juga Allah yang akan memayungi kita dengan tiang awan di siang hari dan tiang api di malam hari. Karena apa yang Dia lakukan untuk orang Israel, juga akan dilakukanNya sampai saat ini.

Kalau tahun ini kamu sedang menantikan Tuhan untuk melakukan hal-hal baru dalam hidupmu, bukalah hatimu terlebih dulu untuk bersedia ubahkan. Biarkan Tuhan merekonstruksi kembali hidupmu sepenuhnya. Ijinkan Tuhan memimpinmu dan membawamu mengalami musim yang baru bersama-Nya.

“Sebab perisai kita kepunyaan TUHAN, dan raja kita kepunyaan Yang Kudus Israel.” (Mazmur 89: 18)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bang Joker4 19 March 2019 - 07:48:09

Apa itu melayu

0 Answer

Rasya 18 March 2019 - 19:13:38

ASEAN

0 Answer

Rasya 18 March 2019 - 19:12:53

kepala pemerintah negara singapur adalah

0 Answer


Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Banner Mitra Week 3


7244

Banner Mitra Maret Week 2