Ini 5 FinTech yang Bakal Ngetren di Tahun 2019, Kepoin Yuk!
Sumber: PYMNTS.com

Finance / 10 January 2019

Kalangan Sendiri

Ini 5 FinTech yang Bakal Ngetren di Tahun 2019, Kepoin Yuk!

Lori Official Writer
2402

Masih ada dari kalian yang mungkin masih belum akrab dengan sebutan FinTech. Buat kamu yang bergelut dibidang perbankan atau finansial circle perlu banget loh tahu soal FinTech. Bukan cuma jadi soal sekadar tahu, tapi kamu juga perlu tahu kalau keberadaan FinTech belakangan hari ini sudah makin beken.

Secara definisi FinTech adalah sebuah sebutan yang disingkat dari kata ‘financial’ dan ‘technology’, dimana artinya adalah sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan.

Di era teknologi ini, bidang FinTech semakin naik daun karena ditunjang oleh kemudahan menjalankannya lewat dunia digital.

Inovasi yang ditawarkan Fintech sangat luas dan dalam berbagai segmen, baik itu B2B (Business to Business) hingga B2C (Business to Consumer).

Beberapa bisnis yang termasuk dalam lingkup Fintech adalah:

  • Proses jual beli saham
  • Pembayaran
  • Peminjaman uang (lending) secara peer to peer
  • Transfer dana
  • Investasi ritel
  • Perencanaan keuangan (personal finance)

Dengan jasa Fintech, masyarakat akan semakin praktis melakukan transaksi keuangannya sehari-hari. Fintech juga memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah mendapatkan akses pada produk keuangan dan meningkatkan literasi keuangan.

Di tahun ini, para pakar bisnis dan keuangan memperkirakan 5 jenis bisnis FinTech ini akan menjadi tren, diantaranya:

1. Saluran Perbankan yang Cerdas

Di tahun ini, para perbankan akan menggunakan jasa keuangan yang memampukan mereka untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang cerdas. Sistem cerdas ini akan membantu perbankan dalam mempelajari pola dan perilaku pelanggannya dengan sebuah sistem yang praktis.

2. Perbankan Multi-Experience

Bank mulai menawarkan pengalaman multi-channel yang bisa mengalahkan interaksi via kunjungan langsung ataupun telepon. Lewat jasa FinTech ini pelanggan bisa berinteraksi dengan bank melalui berbagai saluran seperti aplikasi, website, voice mail, dan banyak media lain. Tapi untuk memastikan proses penggunaannya perbankan harus selalu konsisten mengelola saluran.

Baca Juga :

FinTech Siap Menjadi Jasa Keuangan Di Era Digital Di Indonesia

Biar Nggak GapTek, Yuk Kenalan Sama 3 Cara FinTech Yang Bikin Keuangan Makin Mudah Ini

3. Bantuan Suara Perbankan

Bantuan suara perbankan sudah jadi jasa FinTech yang populer. Kita bisa melihat hal ini dimana ada banyak jasa keuangan yang sudah menyediakan layanan bahasa daerah di berbagai wilayah. Bantuan suara ini bisa didapatkan dari google asisten dan speaker pintar sseperti ada dalam fitur google asisten, amazon echo dan apple homePod.

4. Perbankan Terbuka

Kehadiran FinTech ini memungkinkan perbankan memakai pihak ketiga untuk membangun aplikasi dan layanan bagi lembaga keuangan sehingga menghasilkan transparansi keuangan yang lebih besar bagi pemegang akun mulai dari data terbuka sampai data pribadi.

5. Layanan Cloud yang Terhubung

Di tahun 2019 ini, beberapa layanan bank akan hizrah ke cloud dan sistem ini akan memungkinkan semua orang melakukan beragam transaksi seperti proses pembayaran, pengiriman uang, kredit, penagihan dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, FinTech sudah mulai berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran layanan transportasi Gojek, peningkatan kesejahteraan masyarakat Growpal, Kitabisa, DANAdidik, CROWDE.

Nah, buat kalian yang mau mengembangkan bisnis cobalah untuk memakai jasa FinTech.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami