Misteri Minum Teh Habis Makan,  Bikin Masalah Besar Bagi Kesehatanmu. Awas Nyesal!
Sumber: Ciricara.com

Health / 8 January 2019

Kalangan Sendiri

Misteri Minum Teh Habis Makan, Bikin Masalah Besar Bagi Kesehatanmu. Awas Nyesal!

Naomii Simbolon Official Writer
1948

Siapa yang suka memesan teh sebagai pelengkap pas makan pagi, siang atau malam? Yap, saya salah satunya.

Rasanya nikmat, apalagi kalau makanannya adalah menu yang kita sukai. Yang pedas dan cita rasa ala ibu dirumah. Uh, jadi rindu orangtua deh!

Ngomongin makan, pasti minum kan? Maksudnya, setelah makanan abis, apalagi kalau pedas, maka minum teh dicampur es sangatlah lengkap.

Meskipun teh itu termasuk minuman yang sehat, tetapi ternyata efeknya sangat buruk loh jika langsung di minum setelah makan. Saya juga baru menyadari hal ini.

Pertama, kalau abis makan langsung minum teh bisa mengganggu pencernaan kamu dan menghambat penyerapan protein serta zat besi

Dilansir dari Hello Sehat, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry mengatakan bahwa teh mengandung asam tanim dan polifenol yang bisa menganggu penyerapan protein dan zat besi. Nah, zat besi dan protein dalam makanan seharusnya diserap oleh tubuh, tetapi ketika kita minum sehabis makan, zat ini terikat oleh asam tanim dan polifenol teh di dalam usus.

Padahal kan, kedua nutrisi ini penting  banget untuk menjalankan fungsi tubuh kita, misalnya membentuk jaringan dan sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh atau menghasilkan darah yang kaya oksigen.

Kedua, nggak cuma gizi pada makanannya yang nggak terserap dengan baik, bahkan senyawa antioksidan pada teh pun menjadi berkurang

Minum teh setelah makan sih memang bikin segar. Tapi sayang, efeknya nggak cuma bikin protein dan zat besi terikat tapi kandungan baik yang ada di dalam teh pun menjadi berkurang. Padahal kan yang tadinya antioksidan ini bisa memelhara kesehatan jatung, memperlancar peredaran dara dan mencegah kanker, jadinya malah menurun fungsinya ketika sudah masuk ke tubuh dan bercampur dengan makanan yang belum tercerna dengan sempurna. Kan, sayang!

Ketiga yang paling parah, bisa memicu anemia loh. Iyap, karena kekurangan zat besi tadi!

Kalau zat besi kamu terikat oleh zat dalam teh, maka sulit untuk mengalir ke seluruh tubuh dan kamu akan kekurangan zat besi. Anemia deh!

Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ini jangan dianggap sepele ya, karena bisa saja merusak jantung, otak dan organ lain di dalam tubuh kamu.

Selain ini, kalau anemia kamu makin parah maka bisa menyebabkan kematian.

Nikah saja belum, jangan langsung meninggal dong, maut kok di jemput! Ubah cara makanmu sejak sekarang ya.

Keempat, bisa bikin kamu dehidrasi

Pernah nggak sih, abis makan lalu minum teh terus hausan dan pesan teh segelas lagi, abis itu pesan air mineral lagi.

Etdah, boros amat sih!

Minum teh habis makan sih sangat segar, tapi rasa segar itu cuma sementara doang. Kenikmatan itu menyisakan dehidrasi yang bikin kamu pengen minum lagi dan lagi.

Dehidrasi tersebut di picu oleh sifat diuretik yang bikin kamu pengen pipis terus. Jadi jangan tergoda hal -hal yang fana ya kawan!

Gimana, sebaiknya tertib dari sekarang ya. Sebaiknya berikan jeda minimal 30 menit hingga 2 jam sampai makanan di tubuh kamu di proses dengan sempurna, lalu minum teh.

Biar nggak seret, kamu bisa meminum air putih sebelum makan. Kalau sudah begini, maka nutrisi dalam makanan kamu terserap baik oleh tubu. Makin sehat deh untuk melayani Tuhan Yesus!

 

 

 

 

Sumber : hello sehat | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami