Presiden Mesir Resmikan Gereja Katedral Terbesar Di Timur Tengah

Presiden Mesir Resmikan Gereja Katedral Terbesar Di Timur Tengah

Puji Astuti Official Writer
1872

Mesir adalah negara di Timur Tengah dengan populasi Kristen Koptik sebesar 10% dari keseluruhan penduduk yang mayoritas Muslim. Banyak serangan dan aniaya yang dialami oleh umat Kristen di salah satu negara di Timur Tengah tersebut, dan tidak sedikit nyawa yang melayang. Namun hal ini tidak menghentikan pembangunan gereja Katedral yang diklaim terbesar di Timur Tengah karena sanggup menampung 8.000 jemaat setiap kali ibadah.

Walau sehari sebelumnya seorang polisi tewas saat menjinakan bom yang disembunyikan di atap kota Nasr di luar Kairo, gereja yang baru itu tetap diresmikan dibawah pengawalan yang ketat. Acara peresmian gereja itu dihadiri langsung oleh Presiden Abudl Fattah al-Sisi.

Cathedral of Nativity atau Gereja Katedral Kalahiran Kristus diresmikan bersamaan dengan misa malam Natal, karena Kristen Koptik merayakan Natal pada bulan Januari.


Pada pidatonya Presiden al-Sisi menyatakan bahwa Kristen dan Muslim Mesir adalah satu, “Kita adalah satu dan kita akan tetap bersatu.”

Hal itu dinyatakan oleh Al-Sisi merujuk pada pembangunan gereja katedral yang dibangun berdampingan dengan masjid, yang menjadi simbol persatuan di negeri itu.

Misa Natal dan peresmian gereja katedral tersebut dipimpin oleh Paus Tawadros II, yang merupakan Paus Kristen Koptik Timur Tengah.

Selamat Natal untuk umat Kristen Koptik, mari terus berdoa bagi Mesir dan umat Kristen di sana, agar sekalipun dalam tekanan mereka tetap kuat dan terus bertumbuh. 

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami