Memasuki Pengharapan Yang Baru, Ini 4 Cara Agar Kita Selalu Bersyukur
Sumber: http://eavanmurphy.com/wp-content/upload

Kata Alkitab / 7 January 2019

Kalangan Sendiri

Memasuki Pengharapan Yang Baru, Ini 4 Cara Agar Kita Selalu Bersyukur

Inta Official Writer
3586

Dalam menghidupi firman Tuhan, kita bisa memulainya dengan masuk dalam hadirat Tuhan dengan penuh rasa syukur. Akan sangat sulit ketika kita merenungkan firman Tuhan tanpa ada hati yang bersyukur.

Dari angka 1 sampai 10, berapakah angka yang akan kita berikan untuk menggambarkan rasa syukur pada hari ini? Kalau angkanya masih belum memuaskan, tandanya kita masih harus belajar untuk bersyukur. Yuk masuki tahun yang baru ini dengan penuh rasa syukur lewat 4 cara ini.

1. Rasa syukur membawa sukacita buat kita  


Terkadang kita tidak menyadari kalau sesuatu yang baik terjadi atas kehidupan kita. Sampai akhirnya firman Tuhan sendiri yang menyingkapkannya. Dalam Filipi 4:4, Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah.”

Sukacita merupakan satu hal yang membedakan kita dengan orang-orang di dunia ini. Sesulit apa pun keadaan kita sekarang ini, akan selalu ada kebaikan Tuhan yang bisa kita syukuri. Coba ambil waktu sejenak untuk merenungkan setiap kejadian belakangan ini, tangan Tuhan tidak akan pernah lepas dari setiap kita, kok.

2. Pahami kalau bersyukur selalu itu adalah sesuatu yang perlu kita usahakan


Dalam Filipi 4:4 di atas, kita mungkin bertanya, apakah benar-benar bisa kita untuk selalu mengucap syukur dalam segala keadaan? Apakah kita akan mampu untuk mengucap syukur dalam setiap kegagalan atau kesedihan?

Pahamilah kalau kita memang tidak bisa melakukan apa-apa sendirian. Namun, kita punya Tuhan yang senantiasa berjalan bersama kita. ia selalu mengusahakan yang terbaik bagi setiap kita. Kini, kita cukup melihat segala hal tersebut dengan iman, bahwa janji Tuhan itu nyata.

Baca juga: Dehidrasi Rohani Buat Kita Tinggalkan Makna Natal Sesungguhnya, Kenali 5 Tandanya Ini

3. Ingatlah kalau sulitnya hidup bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari


Sebuah masalah akan dinyatakan selesai ketika kita berani menghadapinya, bukan menghindarinya. Dalam menjalani setiap masalah, Yakobus berkata dalam Yakobus 1:2, "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-berbagai pencobaan."

Siapa sih yang senang dalam menjalani pencobaan? Namun, dalam setiap kesulitan dan permasalahan yang kita hadapi, kita jadi tahu bagaimana rasanya berjuang dan memiliki pengharapan. Rasa syukur membuat kita melihat sisi positif dari setiap hal yang nampaknya negatif terjadi dalam kehidupan kita.

4.  Tuhan selalu memberikan jalan yang terbaik dalam setiap kesulitan


Tuhan mau kita menjadi pribadi yang dewasa di dalamNya. Setiap hal buruk yang terjadi dalam kehidupan kita menjadikan kita pribadi yang lebih kuat dan dewasa. Ketika kita merasa tidak ada satu orang pun yang bisa menolong, percayalah kalau kesendirian tersebut menghasilkan sebuah hati yang mau berserah kepada Tuhan.

Roma 8:28, "kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Bahkan, ketika kita sama sekali tidak bisa melihat segala sesuatu yang baik dalam keadaan sekarang ini, cobalah untuk bersyukur bahwa pengalaman tersebut merupakan cara Tuhan untuk mengoreksi kita. Ibrani 12:6, "Karena Tuhan menghajar orang yang dikasihiNya, dan Ia menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak."

Tuhan mengenali setiap kita jauh lebih baik dibandingkan siapa pun. Begitu pula pada setiap tantangan dan masalah yang akan kita hadapi. Buat penyertaan Tuhan sendiri saja adalah satu hal yang perlu kita syukuri. Untuk itu, kiranya dalam memasuki tahun yang baru ini, kita jadi memiliki hati yang penuh dengan rasa syukur bagi Tuhan. 

Sumber : ibelieve.com
Halaman :
1

Ikuti Kami