Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
722


Para uskup Katolik Roma di Amerika Serikat telah memulai retret selama seminggu di Mundelein, Illinois, untuk fokus pada skandal pelecehan seksual gereja. Tetapi cara mereka melakukannya justru menyebabkan mereka mendapatkan serangan balasan.

Retret itu datang ketika para penyintas pemimpin agama meminta Paus Francis untuk mengeluarkan seorang kardinal Chicago dari perannya dalam pertemuan puncak yang akan datang di Roma pada bulan depan (Februari 2019, red).

Kardinal Blase J. Cupich, uskup agung Chicago, secara langsung terlibat dalam menyembunyikan kejahatan seks anak oleh para pemuka agama Katolik. Dia dan sesama uskupnya di Illinois gagal melaporkan setidaknya 500 predator.

"Saya ingin mengungkapkan lagi penyesalan mendalam dari seluruh gereja atas kegagalan kami mengatasi momok pelecehan seksual oleh para pemuka agama (Katolik)," ujar Cupich dalam sebuah pernyataan bulan lalu. "Ini adalah keberanian para korban yang selamat yang telah memurnikan terang tentang bab gelap ini dalam sejarah gereja."

Terlepas dari meningkatnya kemarahan atas pelecehan yang meluas di Gereja Katolik, para penyelenggara retret minggu ini mengatakan mereka akan fokus pada doa dan refleksi spiritual daripada membuat kebijakan.


Sentimen itu tentu saja mendapat reaksi khususnya bagi banyak orang yang selamat dari pelecehan.

"Mereka mengatakan mereka tidak akan berbicara tentang pelecehan seksual minggu ini," kata Peter Isley, pendiri Ending Clergy Abuse dan Survivors Network of Those Abused by Priests (SNAP). "Mereka akan berdoa tentang itu."

"Setiap saat, para uskup ini menutupi kejahatan seksual. Dan kita sekarang tahu setidaknya ada 130 dari mereka berkumpul di sana hari ini di seminari yang telah melakukan hal itu," ujar Isley.

Sementara itu, sambung Isley, yang tidak hadir di KTT yang dilakukan Para uskup Roma di Amerika Serikat tersebut adalah justru para korban itu sendiri.

"Jika Anda akan mengundang mereka yang telah menutupi kejahatan seks anak ke acara KTT, Anda sebaiknya mengundang para korban kejahatan seksual anak ke KTT itu," ungkap Isley.

The Associated Press melaporkan retret Illinois adalah awal pertemuan puncak para uskup sedunia di Vatikan bulan depan untuk menyusun tanggapan yang lebih komprehensif terhadap krisis pelecehan seksual yang terjadi di gereja Katolik.

Baca Juga: Baksos Gereja Yogyakarta Ini Dibubarkan Ormas, Ini Penyebabnya...

"Kami berada di persimpangan di sini, di mana harus ada komitmen kembali pada kesetiaan dari semua orang di gereja, dan kemudian kejujuran, yang mengarah pada kredibilitas," kata WGN9 Chicago mengutip Pastor Rocky Hoffman di Relevant Radio.

Sumber : CBN.Com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Irsan 13 5 December 2019 - 20:31:44

Bidang yg dibahas ekonomi berfokus pada

0 Answer

Icha Vedani 4 December 2019 - 22:12:48

Intan pariwara kelas 11 semester 1

0 Answer

Diah Kristanti 4 December 2019 - 21:56:25

cara bebas hutang

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

Banner Mitra November Week 4