Sejarah Mencatat, Pahlawan Nasional Beragama Kristen ini Meninggal Dunia Pada 1 Januari

Nasional / 1 January 2019

Kalangan Sendiri

Sejarah Mencatat, Pahlawan Nasional Beragama Kristen ini Meninggal Dunia Pada 1 Januari

Budhi Marpaung Official Writer
5153

29 Tahun yang lalu, seorang pria yang telah berjasa di dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia menghembuskan nafas terakhirnya di dunia. Untuk mengenang jasa-jasanya, pemerintah bahkan menjadikan namanya sebagai salah satu nama jalan besar di DKI Jakarta.

Tahi Bonar Simatupang meninggal dunia dalam usia 69 tahun pada 1 Januari 1990. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Semasa hidup, ia mengabdikan dirinya di dalam dunia ketentaraan. Adapun jabatan terakhir yang diembannya adalah Penasihat Menteri Pertahanan.


Setelah mengundurkan diri dari dunia kemiliteran, T.B. Simatupang terjun ke pelayanan gereja. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, lalu Ketua Majelis Pertimbangan PGI, Ketua Dewan Gereja-gereja Asia, dan Ketua Dewan Gereja-gereja Dunia.

Di lingkungan kemasyarakatan, Pak Sim – demikian ia bisa dipanggil – pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Ketua Yayasan Intitut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM).

Pada 1969, Simatupang dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat.

Menikah dengan Sumarti Budiardjo, pasangan ini dikaruniai empat orang anak, yaitu: Tigor, Toga, Siadji, dan Ida Apulia. Salah seorang di antaranya meninggal.

Baca Juga: Gelar Pahlawan Nasional T.B Simatupang Dirayakan

Sebelum menutup mata selama-lamanya, ia masih bisa melihat kehadiran empat cucunya, yaitu Satria Mula Habonaran, Larasati Dameria, Kezia Sekarsari, dan Hizkia Tuah Badia.

Pada 8 November 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada T.B. Simatupang. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami