Ketika Kekuatiran Menekan, Lakukan Hal Ini! Kamu Akan Alami Mukjizat
Kalangan Sendiri

Ketika Kekuatiran Menekan, Lakukan Hal Ini! Kamu Akan Alami Mukjizat

Puji Astuti Official Writer
      8113

Mazmur 13: 1-2

Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku?  Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku, dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?"

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 22; Matius 22; Yesaya 1-2

Kecemasan melanda saya. Sambil duduk di tempat tidur, saya berjuang untuk bernafas.

Kali ini masalah berpusat di sekitar kepindahan kami  ke North Carolina. Bagaimana kami akan memindahkan Ibu ke sana? Bagaimana dengan tempat tidur rumah sakitnya? Bagaimana kami bisa memasukkannya ke truk yang bergerak dan masih memiliki tempat untuk dia tidur? Bagaimana dengan putra kami yang akan ditinggal?

Pernah merasa seperti itu?

Itulah yang saya pikirkan.

Darimana kegelisahan datang dan mengapa saya harus berjuang keras menghadapi itu?

Hal ini membantu karena mengetahui bahwa Raja Daud pun mengalami kecemasan. Sepertinya dia punya alasan yang lebih baik — orang-orang terus mencoba membunuhnya. Biasanya, saya hanya mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang saya, atau jika akhirnya kami akan dapat berlibur.

Sering kali, saya khawatir tentang anak-anak saya yang telah dewasa. Itu adalah pemikiran yang paling saya takuti.

Seorang pendeta yang saya sukai berkata bahwa semua dosa berasal dari ketidakpercayaan. Semakin saya mengunyah itu, semakin saya yakin.

Apakah saya benar-benar percaya Tuhan memikirkan yang terbaik atas hidup saya? Apakah saya benar-benar percaya bahwa Ia berdaulat? Bisakah Dia melindungi anak-anak saya? Apakah Dia benar-benar mencintai saya terlepas dari diri saya — dosa saya?

Alkitab meneriakkan “Ya!” Dengan semua hal di atas.

Namun, saya ragu. Dan khawatir.

Apa obat penawarnya? Syukur bagi  Tuhan, Dia telah memberi kita jawabanNya. Hal ini bisa ditemukan dalam Filipi 4: 6-7,

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Doa membawa saya kepada hati Tuhan dan kebenaran tentang diri saya sendiri. Semakin saya memahami Tuhan, Firman-Nya, dan pesan keselamatan yang tak ternilai, semakin saya memahami ketidaklayakan saya. Ini membawa saya untuk  berlutut dalam dan sangat dibutuhkan kerendahan hati dan mengangkat Tuhan ke tempat penyembahan  yang sah.

Ketika hati saya yang cemas berdoa kepada Allah yang pengampun, penuh kasih, dan setia, saya mulai merasakan kedamaian-Nya.

Beth Moore pernah berkata bahwa dia mulai bersyukur kepada Tuhan untuk jawabanNya sebelum Dia menjawab. Dan ayat-ayat di atas memerintahkan kita untuk berdoa dengan ucapan syukur.

Saya sudah mulai melakukan itu dalam kehidupan doa saya. Saya memiliki kartu doa dengan ayat-ayat Alkitab untuk setiap anggota keluarga saya. Sewaktu saya berdoa kembali kepada Tuhan, saya berterima kasih kepada-Nya untuk bagaimana Dia akan menjawab.

Saya melihat kebelakang pada cara-cara mengagumkan bagaimana Dia menjawab doa-doa itu di masa lalu — cara-cara yang tidak dapat saya bayangkan — lebih dari semua yang dapat saya minta atau bahkan pikirkan.

Lucunya, saat saya berdoa, kedamaian datang. Itu juga yang dialami oleh Raja Daud.

Dan hal yang sama disediakan bagi kamu juga.

Hak cipta © 2018 Pauline Hylton, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami