Apakah Kamu Suka Dengan Cara Hidupmu Saat Ini? Sudahkah Kamu Bertanya Pada Tuhan?
Kalangan Sendiri

Apakah Kamu Suka Dengan Cara Hidupmu Saat Ini? Sudahkah Kamu Bertanya Pada Tuhan?

Puji Astuti Official Writer
      3126

Lukas 13:5

“Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."

Bacaan Alkitab Setahun : Mazmur 113; 1 Korintus 1; Hakim-Hakim 13-14

Kamu pernah membuka layar komputermu, lalu membuka browser dan lihat berita utama yang mengerikan dan berpikir, “untung saya tidak seperti mereka.

Saya juga mengalaminya. Tebakan saya adalah kamu  juga pernah memikirkan hal yang sama.

Pembacaan Alkitab dalam Lukas hari ini sangat mengerikan dan menarik. Di bagian pertama dari Lukas 13, Yesus berbicara tentang suatu kejadian yang tampaknya terjadi di bait suci. Tentara Romawi menebas beberapa orang Galilea dan darah mereka dicampur dengan darah korban.

Ini mengejutkan orang Israel. Jawaban Tuhan — seperti biasa — tidak terduga dan mendalam. Pada dasarnya, Dia menyatakan bahwa kecuali orang-orang bertobat, mereka semua akan mengalami nasib yang sama.

Bukan apa yang orang-orang ingin dengar.

Tidak ada yang suka mendengar tentang pertobatan.

Mengapa?

Pertobatan berarti berbalik, pergi ke arah yang berbeda, mengakui kesalahan. Dan menghadapinya, kebanyakan dari kita suka pergi ke arah yang kita pilih. Dan menurut budaya kita, kamu seharusnya tidak pernah merasa bersalah — itu selalu kesalahan orang lain.

Bukan menurut Firman Tuhan. Bukan menurut Yesus.

Faktanya, mari kita kembali ke Injil untuk pesan kecil pertama dari Tuhan kita:

"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"  Matius 4:17.

Apa yang Dia maksud?

Pada dasarnya Yesus berkata, “Saya di sini. Berbalik ke arah saya. Jangan mengikuti caramu sendiri. Beri hidupmu kepada-Ku. Kamu membutuhkan seorang Juruselamat untuk menebus dosamu.

Bagaimana kalau kita melihat Yohanes 8. Seorang wanita tertangkap dalam perzinahan. Orang-orang Farisi mencoba menjebak Yesus agar melawan hukum — baca sendiri kisah itu. Maksud saya adalah pada akhirnya, ketika hanya wanita yang dikutuk ini dan Yesus, Dia mengatakan kepadanya, Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang."

Dengan kata lain, berbaliklah dari dosamu dan kembali kepada Yesus.

Dalam budaya saat ini, kita tidak sering menggunakan kata dosa. Kita mengatakan saya  "membuat kesalahan," atau "berada di tempat yang salah pada waktu yang salah." Atau bahkan, "Saya bergaul dengan orang yang salah."

Semua itu mungkin benar.

Atau juga tidak.

Filipi 2: 9-11 menyatakan:

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Penghakiman suatu hari akan datang ke bumi yang telah tua ini. Mereka yang telah mempercayai Kristus dan bertobat dari dosa-dosa mereka akan diselamatkan. Mereka yang belum akan dikutuk.

Jika kamu adalah pengikut Kristus, berbahagialah. Berpalinglah dari dosa-dosamu .

Jika belum percaya kepada Kristus, percayalah kepada-Nya hari ini. Bertobatlah dari cara hidupmu.

Rasul Petrus mengatakan ini dalam Kisah Para Rasul 4:12,

"Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Datanglah pada Yesus, hari ini juga!

Hak cipta © 2018 Pauline Hylton, digunakan dengan izin.

Ikuti Kami