Terhimpit Banyaknya Persoalan Hidup, Ini Janji Tuhan Yesus Saat Kamu Mau Datang Kepada-Nya
Kalangan Sendiri

Terhimpit Banyaknya Persoalan Hidup, Ini Janji Tuhan Yesus Saat Kamu Mau Datang Kepada-Nya

Budhi Marpaung Official Writer
      3555

Matius 11:28

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu28[/kitab]; [kitab]lukas4[/kitab]; [kitab]0ayub34-35[/kitab]

Apakah kamu pernah merasa seperti berjuang untuk menjaga kepala di atas air? Seperti kamu lagi tersesat di laut, dikelilingi oleh kabut dan ombak yang tidak pernah berakhir? Mungkin kamu sudah sangat lelah, kamu mulai bertanya-tanya apakah akan tetap tersesat di laut selamanya.

Sering kali, ketika saya menghadapi masa sulit, saya teringat akan peristiwa berenang pertama saya di ruangan terbuka. Airnya dingin dan entah bagaimana 500 meter di seberang danau tampak dua kali lipat setara dengan 20 putaran di kolam renang. Tidak ada garis yang ditandai dengan jelas di sepanjang bagian bawah.

Ketika gelombang demi gelombang menyapu saya, mengisi hidung dan mulut saya dengan air danau yang keruh, rasanya seperti saya kalah dalam pertempuran. Untuk setiap langkah yang melelahkan ke depan, arus seakan membawa saya kembali dua langkah ke belakang. Semakin keras arus yang ditarik, semakin keras saya menendang. Tak lama, otot tegang saya membunuh daya apung saya. Kaki saya tenggelam, membuang seluruh tubuh saya selama sekitar dua menit. Kemudian, otot memori bekerja kembali dan tubuh saya menjadi rileks, yang akhirnya memungkinkan saya untuk mengikuti arus surut dan lembut.


Hasilnya? Saat saya berhenti berjuang dan memukuli air, saya mulai rileks. Dan tubuh yang santai mengapung jauh lebih baik daripada yang tegang. Tak lama, saya jatuh ke irama yang halus yang membawa saya ke pantai.

Saya pikir hal yang sama berlaku untuk kehidupan spiritual kita. Kita akan mendengar panggilan Tuhan. Mungkin itu adalah untuk memulai kelas sekolah Minggu baru atau bergabung dengan pelayanan, atau mungkin kembali ke sekolah setelah 10, 20, atau 30 tahun ... dan yang bisa kita lihat hanyalah gelombang yang menerjang, mengancam untuk menahan kita.

Kita mulai tenggelam dalam arus deras daftar apa yang harus dikerjakan dan harapan, melupakan bahwa Tuhan yang menyuruh kita untuk siap melompat dan mampu membawa kita ke pantai. Ombak tidak mengejutkan-Nya; kabut tidak membuat-Nya takut. Ia tahu ke arah mana angin bertiup, gelombang mana yang akan jatuh, dan arus mana yang akan membawa kita paling jauh. Kenyataannya, Ia dapat memetakan perjalanan kita dan telah mengambil tanggung jawab penuh untuk membawa kita ke sana.

“Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.” Zakharia 4:6.

Ini adalah pilihan kita yang merupakan respons terhadap situasi yang sedang kita alami. Kita bisa rileks, menyerahkan diri kepada Tuhan ke arah mana pun Ia membawa kita. Atau kita dapat memukul ombak, memukul diri kita sendiri sampai-sampai menjadi gila karena kelelahan saat kita melawan arus.

Baca Juga: Tuhan Pegang Kendali Atas Hidupmu, Termasuk Masalahmu

Apakah kamu lelah hari ini? Merasa putus asa? Berhentilah sejenak untuk merenungkan kata-kata Sang Juruselamat berikut ini:

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Matius 11:28.

Yesus tahu persis apa yang kamu hadapi dan betapa sulitnya itu. Ia punya rencana dan kekuatan untuk melaksanakannya. Percayalah pada-Nya, dan nantikanlah Ia. Ia tidak akan meninggalkan atau menutup telinga-Nya terhadap setiap permohonanmu.

Hak Cipta © 2010. Jennifer Slattery. Digunakan atas izin.

Seberat Apapun Persoalan yang Kamu Hadapi, Tuhan Yesus Sanggup Beri Kelegaan Kepadamu

Ikuti Kami