5 Mitos dan Fakta Soal Tantangan Kegemukan di Hari Libur
Sumber: Abbott nutrition

Health / 26 December 2018

Kalangan Sendiri

5 Mitos dan Fakta Soal Tantangan Kegemukan di Hari Libur

Lori Official Writer
2340

Akhir tahun jadi pertanda libur panjang telah tiba. Setelah merayakan Natal, tak akan lama lagi kita akan merayakan hari pergantian tahun.

Tentu saja perayaan ini akan dilengkapi dengan beragam sajian makanan nan menggoda. Kalau ada begitu banyak nasihat kesehatan yang menyarankan supaya kamu berjaga-jaga terhadap berat badanmu selama musim liburan, maka nasihat itu tentu saja sudah kuno.

Tak perlu terlalu memilih makanan yang boleh atau tidak boleh kamu makan. Kalau memang ingin menyicipi, maka cicipilah. Tak perlu takut kegemukan atau merasa bersalah dengan kesehatanmu. Karena dibalik nasihat-nasihat itu, kamu perlu tahu mitos dan fakta ini.

Mitos 1. Liburan membuat orang-orang semakin gemuk

Sebuah studi yang dilakukan Texas Tech Uiversity menerbitkan hasil penelitian yang melibatkan sebanyak 48 pria dan 100 wanita dengan rentang usia 18-65 tahun. Mereka diteliti selama musim Thanksgiving dan Tahun Baru. Di awal dan akhir penelitian, mereka menemukan kalau kenaikan berat badan baik para pria dan wanita hanya berkisar rata-rata 1.5 pon saja. Jauh lebih sedikit daripada hasil penelitian yang menyatakan tentang kegemukan.

Fakta 2. Kenyang tidak sama dengan gemuk

Salah satu alasan kenapa kamu merasa lebih berat adalah karena banyak makanan liburan yang memicumu selalu kenyang. Misalnya, kamu makan lebih banyak karbohidrat daripada biasanya. Dalam hal ini, perut akan lebih banyak menyimpan sisa makanan di dalam perut sehingga kamu jarang merasa lapar.

Jadi, saat perut kamu tampak bengkak, bukan berarti kamu gemuk loh!

Mitos 3. Olahraga mengurangi berat badan di hari libur

Penelitian Texas Tech menemukan kalau mereka yang olahraga kira-kira lima jam seminggu tetap menghasilkan hasil yang sama. Hal ini membuktikan kalau olahraga saja tidak menyumbang terlalu banyak hasil untuk membuat tubuh lebih kurus. Meski begitu olahraga tetap baik bagi tubuh termasuk untuk menjaga vitalitas dan kekuatan otot tubuh.

Mitos 4. Berat badan bisa kembali setelah liburan berakhir

Liburan hanya akan menyumbang berat badan sebesar 1 sampai dua pon saja. Jadi, tak perlu menyusun resolusi untuk bertekat menurunkan berat badan setelah liburan usai. Bahkan hanya dengan usainya pesta jamuan makanan nan meriah di Tahun Baru tentunya kamu tak punya banyak pilihan untuk kembali menyantap makanan lebih rakus di hari-hari biasanya.

Fakta 5. Tiada kata terlambat untuk menghindar dari liburan

Kalau mitor terakhir di atas membuatmu merasa putus asa, jangan menyerah! Kalau kamu memang tipe yang terlalu kuatir dengan bentuk tubuhmu, alangkah baiknya untuk menjaga pola makan selama liburan. Misalnya, seimbangkan makan karbohidrat dengan lemak dan protein. Hindari minuman bersoda atau penuh gula dan perbanyak minum air putih saja.

Jadi, sudahkah kamu memikirkan apa menu santapan Tahun Barumu nanti? Jangan lupa undang rekan terdekat untuk menikmati momen pergantian Tahun Baru kali ini ya.

Sumber : Health.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami