Jangan Keburu Bilang Pikun, Tingkatkan Kapasitas Otak Lewat 7 Cara Ini (Part 2)
Sumber: https://www.brightfocus.org/sites/defaul

Health / 23 December 2018

Kalangan Sendiri

Jangan Keburu Bilang Pikun, Tingkatkan Kapasitas Otak Lewat 7 Cara Ini (Part 2)

Inta Official Writer
2078

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara menghilangkan kebiasaan lupa akan suatu hal dengan meningkatkan kapasitas otak. Sebelum melanjutkan pada 4 cara lainnya, kita harus mengetahui tentang cara kerja otak kita saat mengingat sesuatu.

Menciptakan memori

Proses inilah dimana otak kita mengirimkan sinyal terkait dengan pikiran, peristiwa, atau informasi lainnya, kemudian melalui jalur saraf otak yang disebut dengan sinapsis. Ibarat saraf adalah jalan, sementara informasi adalah truk, maka semakin baik jalan, semakin cepat dan banyaknya truk bisa dikendarai.

Konsolidasi memori

Peristiwa saat otak mengambil pikiran, peristiwa atau informasi, kemudian menyimpannya di otak disebut sebagai konsolidasi. Setelah truk-truk tersebut mengangkut muatan, kini saatnya kita menyimpan isinya di gudang. Konsolidasi membantu kita menyimpan informasi dan melabelinya dengan benar, sehingga terorganisir dan mudah diambil saat dibutuhkan.

Retrieval memori

Langkah terakhir ini terjadi saat kita mencoba untuk mengambil informasi yang tersimpan di otak. Otak kita sebenarnya menyimpan setiap informasi yang ada, hanya saja terkadang kita tidak bisa menemukannya.

Otak cenderung akan lebih mudah ingat saat informasi tersebut lebih sering digunakan. Penurunan memori sangatlah normal seiring bertambahnya usia. Namun, penelitian kini banyak melakukan upaya untuk mencari tahu tentang bagaimana meningkatkan kinerja otak.

Salah satunya adalah 7 cara ini. Maka, inilah 4 cara meningkatkan kapasitas otak, lanjutan dari artikel sebelumnya.

4. Rileks

Siapa sih yang tidak tahu kalau stres itu buruk untuk kesehatan? Stres membuat kita mengalami tekanan darah tinggi, memengaruhi sistem imun, dan mengacaukan pola tidur. Begitu pula dengan daya ingat otak. Saat stres, tubuh melepaskan kortisol dalam aliran darah yang dapat menyebabkan perubahan fisik jangka pendek maupun panjang ke otak.

Kortisol sendiri menyebabkan peningkatan memori jangka pendek, namun juga bisa menurunkan memori jangka panjang. Untuk itu, penting bagi kita untuk bisa mengelola stres. Ketika pekerjaan menumpuk atau banyak pikiran, melakukan latihan pernapasan dapat membantu kita.

5. Belajar, belajar, dan belajar

Otak mirip seperti otot. Semakin kita melatihnya, makan akan semakin kuat pula otot dan otak kita. Belajar tidak akan menurunkan kapasitas otak kita, justru sebaliknya. Belum lama ini kita terbiasa dengan pemikiran bahwa setiap orang terlahir dengan sel otak yang sama, yang akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan kalau kita bisa meningkatkan sel-sel otak dengan melakukan upaya-upaya tertentu. Mulai sekarang, ayo lebih aktif lagi untuk mempelajari hal-hal baru setiap harinya.

6. Berada dalam lingkungan sosial

Memiliki hubungan yang baik adalah salah satu cara kita menjaga otak. Semakin banyak teman yang kita miliki, semakin banyak rekan kerja kita, maka otak akan semakin dipaksa untuk bekerja. Mereka yang menyendiri cenderung berisiko lebih besar mengalami demensia. Selain meningkatkan kinerja otak, menjalin hubungan yang baik juga dapat membuat kita jadi lebih bahagia.

7. Istirahat sesaat setelah berkonsentrasi

Bekerja dapat membuat otak mudah lelah. Untuk itu, biasakan untuk mengambil sedikit waktu ditengah kesibukan saat bekerja. Salah satu caranya adalah dengan bangun dari tempat duduk setiap satu jam sekali. Dengan begitu, otak akan lebih mampu mengingat informasi di kemudian waktu.

Jadi, jangan buru-buru bilang kalau kita ini pelupa. Ada banyak kok hal yang bisa kita usahakan untuk meningkatkan kapasitas otak. Semangat mencobanya, ya!

Sumber : lifehack
Halaman :
1

Ikuti Kami