Waspada Teror Terjadi Lagi, Polda Kepri Perketat 4 Gereja Ini!
Sumber: Harian Nasional

Nasional / 20 December 2018

Kalangan Sendiri

Waspada Teror Terjadi Lagi, Polda Kepri Perketat 4 Gereja Ini!

Inta Official Writer
1837

Upaya pengamanan yang disebut Operasi Lilin merupakan hasil pembahasan Polda Kepri melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektor yang dilaksanakan di Gedung lancang Kuning (GLK) Polda Kepulauan Riau pada Kamis, 20 Desember 2018 ini.

Di dalamnya, terlibat jajaran TNI, stakeholder, dan 47 instansi yang terkait.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa hal terkait perayaan Natal, mulai dari kesiapan pasukan, pos pelayanan dan pos pengamanan, juga tempat-tempat ibadah Natal.

Terdapat 499 gereja yang ada di Kepulauan Riau atau Kepri ini. Dari ratusan gereja tersebut, ada beberapa gereja yang men

dapatkan perhatian dan pengamanan maksimal karena sebelumnya pernah mendapat ancaman teror.

Hal ini langsung dijelaskan oleh Kepala Perencanaan Pengendalian Operasi Daerah (Karendalopsda) Polda Kepri Kombes Pol Yerry Oskag.

"Ada empat gereja yang kita lakukan pengamanan maksimal, sebab pernah terjadi ledakan bom. Di antaranya, Gereja Katolik Beato Damian Bengkong, Gereja Katolik Protestan Simalungun Sungai Panas, Gereja Bethany Lantai 2 Gedung My Mart Batam Center, dan Gereja Pantekosta Indonesia pada saat malam Natal," terangnya.

Sementara 4 gereja di Batam itu menjadi prioritas utama, wilayah Polda Kepri menyusul sebagai prioritas kedua.

Persiapan pengamanan di beberapa tempat perayaan Natal ini sudah berlangsung sejak 12 Desember 2018 lalu.

"Soalnya ada beberapa gereja yang sudah melaksanakan Misa dan kita juga sudah lakukan pengamanan. Kalau secara nasional pengamanan Natal dan tahun baru ini selama 10 hari. Mulai (23/12/2018) sampai (01/01/2019) pukul 01.00 WIB," ucapnya.

Yerry menegaskan kalau pihaknya hanyalah bertindak sebagai back up, sementara Polres jajaranlah yang menjadi lini sektor dalam pemangamanan.

"Kita juga akan kirimkan sebanyak 235 pasukan Brimob yang disebar di setiap Polres jajaran. Di mana untuk BKO pasukan Brimob ini dari satuan anti teror, dan penjinak bom yang bertugas melakukan sterilisasi," lapornya.

Menindaklanjuti hal ini, Jumat, 21 Desemberi 2018 besok akan dilaksanakan apel gelar pasukan yang bertempat di lapangan Engku Puteri, Batam Center.

Kiranya kita juga turut berdoa agar setiap pihak yang bertugas untuk mengamankan Natal bisa bekerja dengan baik, juga agar Natal tahun ini terlaksana dengan aman tanpa ancaman apa pun.

 

Sumber : tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami