Kaleidoskop 2018: Inilah 10 Besar Orang Terkaya Indonesia, Nomor 1 Kaya Banget!
Sumber: Radar Cirebon

Finance / 17 December 2018

Kalangan Sendiri

Kaleidoskop 2018: Inilah 10 Besar Orang Terkaya Indonesia, Nomor 1 Kaya Banget!

Lori Official Writer
2354

Setahun sudah berlalu. Tepat di bulan ini, kita mulai mengumpulkan semua data pencapaian hasil kerja keras kita selama setahun. Dan mereka yang bekerja di dunia ekonomi juga dengan lupa merangkum daftar pengusaha-pengusaha sukses Indonesia yang berhasil menduduki posisi puncak dengan kekayaan tertinggi sepanjang tahun.

Tahun ini, majalah Forbes kembali merangkum daftar orang terkaya di Indonesia. Sepuluh besar diantaranya bermunculan dari posisi yang tak diduga-duga. Enam dari sepuluh orang terkaya ini bahkan mengalami peningkatan kekayaan dari tahun sebelumnya. Termasuk dua bersaudara Robert Budi dan Michael Hartono yang menduduki urutan pertama. Menyusul dua pengusaha rokok Djarum ini, terdapat Susilo Wonowidjojo yang adalah pendiri perusahaan rokok Gudang Garam. Uniknya perbedaan jumlah kekayaan urutan 1 dan 2 ini terbilang cukup jauh yaitu sekitar 280%. Hal inilah yang membuat Hartono bersaudara dinobatkan sebagai sosok konglomerat kelas berat Indonesia.

Baca Juga :

Hanya Modal Review Mainan, Bocah 7 Tahun Ini Jadi Miliarder Lewat Youtube Loh!

Punya Banyak Uang Tak Jamin Bikin Hidupmu Bahagia, Jadi Pakailah Untuk Lakukan Hal Iniā€¦

Menyusul urutan ketiga terdapat Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pemilik perusahaan Sinar Mas Group. Di urutan berikutnya terdapat Sri Prakash Lohia yang kekayaannya tahun ini naik lantaran saham yang ditanam di berbagai bidang petrokimia seperti di Bangkok dan Indorama Ventures.

Untuk daftar lengkapnya bisa dibaca di bawah ini.

1. Robert Budi & Michael Hartono (35 miliar dolar)

2. Susilo Wonowidjojo (9.2 miliar dolar)

3. Eka Tjipta Widjaja (8.6 milliar dolar)

4. Sri Prakash Lohia (7.5 milliar dolar)

5. Anthoni Salim (5.3 milliar dolar)

6. Tahir (4.5 milliar dolar)

7. Chairul Tanjung (3.5 miliar dolar)

8. Boenjamin Setiawan (3.2 miliar dolar)

9. Jogi Hendra Atmadja (3.1 miliar dolar)

10. Prajogo Pangestu (3 miliar dolar)

Adapun daftar ini dibuat oleh Forbes berdasarkan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu pengusaha, bursa saham, laporan tahunan dan analis. Daftar ini tentu saja tak selalu sama tiap tahunnya. Akan selalu ada perubahan dan penyusutan kekayaan yang dialami para pengusaha. Ada yang bertambah kaya dan adapula yang kehilangan sejumlah besar kekayaan dalam waktu yang tak tentu. Dan hal ini mengingatkan kita bahwa posisi menjadi orang terkaya sewaktu-waktu bisa berubah. Karena itulah kita perlu belajar untuk menikmati apa yang kita punya hari ini dan terus mengusahakan apa yang bisa kita capai di hari esok.

Sumber : Forbes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami