Inta

Official Writer
729


Dalam jurnal dari National Sleep Foundation merekomendasikan usia dewasa muda (18–25 tahun) dan usia dewasa (26–64 tahun) untuk tidur 7–9 jam per hari, atau tidak kurang dari 6 jam per hari. Sedangkan untuk usia di atas 64 tahun, waktu tidur yang dianjurkan adalah 7–8 jam per hari.

Ada banyak jurnal kesehatan yang menyebutkan kalau kualitas hidup kita bisa meningkat saat kebutuhan tidur kita tercukupi. Namun, tahukah kita kalau ternyata posisi juga ikut menentukan kualitas tidur yang baik? Berikut adalah beberapa penyakit umum dan bagaimana cara kita seharusnya tidur.

1.  Nyeri pada bagian bawah punggung

Ketika mengalami nyeri pada bagian bawah punggung, ambillah bantal dan letakkan pada bagian lengkungan di tulang belakang. Cara lainnya adalah dengan miring ke arah kiri atau kanan, dan meletakkan bantal atau guling di antara lutut. Kondisi yang akan membuat rasa nyeri makin parah adalah ketika kita memilih posisi tidur tengkurap.

2.  Sakit leher

Salah bantal adalah jenis nyeri yang sering kita rasakan kalau salah posisi tidur. Bantal terbaik adalah bantal yang sesuai dengan bentuk leher kita. Hindarilah bantal yang terlalu tinggi dan keras. Leher tidak selalu harus naik, tetapi usahakan untuk bisa tetap sejajar dengan punggung bagian atas dan tulang belakang.

3.  Heartburn dan asam lambung

Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Kondisi ini akan semakin parah ketika kita berbaring atau menunduk. dengan kata lain, tidur pada posisi yang salah dapat membuat asam lambung masuk dalam esofagus dan menyebabkan heartburn. Posisi yang paling membuatnya makin buruk adalah ketika kita memilih untuk tidur telentang atau menghadap ke sisi kanan.

Baca juga: Waspadai Sinus Dan 3 Fakta Tentangnya, Ada Yang Kena Karena Makan Es Coklat, Lho

4.  Mendengkur

Kebiasaan mendengkur atau ngorok sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan kita. Biasanya, kita cenderung mendengkur karena kurang tidur, saluran udara yang tersumbat, kelebihan berat badan, atau mengonsumsi alkohol. Posisi telentang dapat menyebabkan kita mendengkur. Untuk itu, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping.

5.  Jerawat, keriput dan masalah wajah lainnya

Selama tidur, tubuh akan beristirahat dan memiliki waktu untuk melakukan proses regenerasi sel-sel yang rusak, termasuk sel-sel kulit. Namun, tahukah berapa banyak bakteri yang menempel pada bantal atau guling kita? Inilah sebabnya, kita harus mengganti sprei secara rutin. Selain itu, dianjurkan untuk tidak tidur dalam keadaan tengkurap atau miring.

Mendapatkan tidur yang berkualitas masih terbilang cukup sulit bagi sebagian orang. Yang terpenting, kita harus punya waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam sehari dan menghindari tidur dalam posisi tengkurap.


Sumber : lifehack


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus