Bimas Kristen Selenggarakan Wawasan Kebangsaan dan Partisipasi Umat untuk Pembangunan
Sumber: Jawaban.com - Daniel Tanamal

Nasional / 15 December 2018

Kalangan Sendiri

Bimas Kristen Selenggarakan Wawasan Kebangsaan dan Partisipasi Umat untuk Pembangunan

daniel.tanamal Official Writer
1899

Guna memperlengkapi masyarakat dalam bernegara dan ikut serta membangun bangsa ini serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Direktorat Jenderal Bimas Kristen, Kementerian Agama Republik Indonesia, melaksanakan seminar bertajuk “Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Partisipasi Umat dalam Pembangunan” di Jakarta Pusat, Sabtu, (15/12/2018).

Dengan dihadiri oleh para umat, yang merupakan perwakilan dari gereja-gereja, juga para pewarta Kristiani, Bimas Kristen menjabarkan mengenai pentingnya sebuah persatuan nasional, yang akan terus kuat dan sejahtera, jika didukung oleh peran serta masyarakat yang aktif dan positif.

“Indonesia merupakan bangsa dan negara yang mendapat anugerah kekayaan sumber daya alam, dan budaya yang begitu luas dan majemuk. Hal ini perlu dijaga dan dilestarikan, agar tidak ada pengaruh-pengaruh negatif dari luar, yang mungkin ingin merusak bangsa ini. Disitulah peran masyarakat sangat penting dan begitu kuat,” ujat salah satu pemateri seminar ini, Dr. Yan Kristianus Kadang, Sekretaris Jenderal Bimas Kristen.

Yan Kadang, juga memperhatikan bahwa didalam umat sendiri perlu selalu didakan pertemuan yang berfungsi untuk terus mengingatkan dan menyegarkan kembali mengenai pentingnya bela negara, didalam profesi dan talenta masing-masing. Hal senada juga disampaikan, Direktur Urusan Agama Bimas Kristen, Janus Pangaribuan, yang menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi negara berkembang yang kuat dan diperhitungkan dunia luar, tentunya dengan peran serta para masyarakat.

“Sekarang sudah terlihat, peran Indonesia mulai diperhitungkan. Ini menjadi bukti bahwa kedepan kita akan menjadi bangsa yang berkembang dan maju. Tapi perlu peran serta kita semua untuk mendukung pemerintah, dan aktif menyebarkan pesan-pesan yang membangun dan positif,” jelasnya.

Poin utama dalam seminar ini sendiri adalah, Bimas Kristen ingin menjaga umat untuk lebih memperkaya wawasan kebangsaan, yang merupakan pedoman dan pegangan hidup sebagai bangsa Indonesia yang wajib diaplikasikan dalam sikap dan tindakan sehari hari.


Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami