Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
252


Aksi dari Kian dan Grayson Wu yang baru berusia 10 tahun dan 7 tahun terbilang sangat heroik. Berkat metode CPR, mereka berhasil menyelamatkan sang nenek yang terkena serangan jantung. Menurut laporan, kejadian ini terjadi pada 10 November 2018 lalu. Ibu dari Kian dan Grayson diketahui berprofesi sebagai seorang perawat.

Aksi heroik ini terjadi di Saskatoon, Kanada. "Saya mengajari mereka bagaimana melakukan kompresi, napas, memasukkan hidung, menutupi mulut. Itu pun bukan pengajaran yang sangat mendalam. Sejujurnya aku tidak berpikir mereka akan membutuhkannya, karena hal itu belum terlalu penting untuk anak usia tujuh dan sepuluh tahun," ucap Lee Chatterson, ibu anak-anak ini yang dikutip dari DailyMail.

Sebagai seorang perawat, Lee Chatterson berkata kalau serangan jantung terjadi karena kurangnya kadar oksigen pada darah. Meski terjadi dalam waktu yang singkat, namun hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Sehingga mereka yang mengalami hal ini biasanya akan meninggal dalam kurun waktu 8-10 menit.

Penanganan melalui CPR dapat menggandakan tingkat kelangsungan hidup pasien.

Saat itu, Kian dan Grayson hendak menonton di rumah neneknya yang berusia 62 tahun. Namun, tiba-tiba nenek mereka mengalami serangan jantung hingga kehilangan kesadaran.

Mereka berdua sontak langsung menelepon 911 untuk meminta bantuan dan menelepon orang tuanya. Kian yang menekan-nekan bagian dada neneknya tanpa sengaja mematahkan tulang rusuk neneknya karena terlalu keras, sementara Grayson memberikan napas buatan. Setelah 10 menit bertahan dalam keadaan seperti itu, paramedis datang dan langsung menangani neneknya.

Berkat tindakannya ini, Kian dan Grayson mendapatkan penghargaan dari paramedis Saskatoon sebagai bentuk apresiasi dari aksi heroiknya.

Dikutip dari Hellosehat, resusitasi jantung dan paru (CPR/Cardiopulmonary Resuscitation) adalah teknik penyelamatan nyawa yang sangat berguna dalam banyak keadaan darurat, termasuk serangan jantung atau saat tenggelam, di mana pernapasan atau detak jantung seseorang berhenti seluruhnya.

Teknik ini dapat menjaga darah beroksigen mengalir ke otak dan organ vital lainnya, sehingga dapat mengulur waktu sampai korban mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Kita tidak pernah tahu kapan kondisi darurat akan terjadi. Untuk itu, minimal kita tahu sedikit mengenai teknik ini. Sekarang ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai penanganan ini di internet maupun buku-buku. 

Sumber : detik/hellosehat

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kezia 16 January 2019 - 21:02:14

Cara mengatasi kemerosotan kekristenan

0 Answer

helena lo 16 January 2019 - 15:37:56

tujuan hidup

0 Answer

RY 14 January 2019 - 21:25:16

Sex

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7224

advertise with us