Sambut Liburan Natal Bikin Kamu Stres? Jangan Paksain Diri, Lakukan Hal Ini!

Entertainment / 12 December 2018

Kalangan Sendiri

Sambut Liburan Natal Bikin Kamu Stres? Jangan Paksain Diri, Lakukan Hal Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1782

Udah memasuki minggu ke dua di bulan Desember, gimana perasaanmu menyambut Natal?

Deg-deg an atau stres? Ternyata ada beberapa orang yang juga merasa stres dan tertekan dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun baru nanti loh.

Mungkin tertekan dengan keuangan, hadiah yang akan dibeli, masak-masak, ngumpul-ngumpul, dekorasi dan ditanyain kapan nikah apalagi jika kamu sudah cukup umur untuk menikah.

Selain itu, alasan lain orang-orang merasa tertekan adalah karena mereka mereka sendirian dan nggak ada kegiatan di hari libur Natal dan Tahun Baru.

Nah buat kamu yang sedang stres dalam menghadapi liburan nanti, coba deh lakukan hal-hal di bawah ini :

1 Sebaiknya bersikap realistis saja mengenai apa yang kamu lakukan

Jangan berlari dan melakukan kegiatan seperti ayam dengan kepala terpotong.

Sebaiknya evaluasi waktu kamu dan lakukan apa yang benar-benar bisa kamu tangani. Jangan semuanya ingin dilakukan sementara kamu tak bisa melakukannya.

Pertimbangkan situasi kamu sekarang, jika kamu kekurangan uang, jangan belanja dan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang mengeluarkan uang.

Jika kesehatan kamu sedang nggak baik, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan, istrahatlah!

Kalau kamu baru saja bercerai, berilah dirimu waktu untuk berduka, dan kamu nggak harus melakukan semua hal seperti yang kamu lakukan di masa lalu

2 Cobalah untuk mempertahankan dan melakukan rutinitas kamu

Jika kamu biasanya berolahraga, tetap saja pergi ke sana atau luangkan waktu untuk jalan-jalan dengan anjing peliharaanmu setiap hari.

Makan lah seperti biasa dan istrahatlah yang cukup.

Selain itu, lakukanlah perawatan fisik seperti massage dan lain sebagainya yang akan membantu kamu memerangi stres.

3 Ketika keluarga kamu datang atau sedang pulang kampung, usahakan menjauhi konflik ya!

Menghadapi liburan, tampaknya akan banyak kesibukan yang akan terjadi. Apalagi kalau kita pulang kampung atau keluarga besar pada datang. Seru sih, tetapi kondisi ini akan rentan dengan iritasi dan agitasi emosi.

Sebaiknya kamu harus berlatih untuk berdamai dengan diri sendiri dan tetap rendah hati, jika ada masalah sebaiknya cepat diberesi dan minta maaf.

4 Kalau kamu merasa terlalu banyak yang ingin dilakukan, sebaiknya jangan lakukan!

Jika kamu nggak bisa mengajak teman-teman kamu untuk makan malam, jangan lakukan! Jangan memaksakan diri untuk melakukan semuanya, karena itu bisa mempengaruhi kesehatan dan pikiranmu makin stres.

Dan jika kamu tak cukup uang untuk membeli kado Natal untuk keluargamu tahun ini, nggak usah beli yang mahal. Intinya nikmati semuanya dan lakukan semuanya sesuai dengan kesanggupanmu!

Hey, tenang! Sekarang, tarik nafas dalam-dalam, santailah. Nikmati hari ini dan lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Selamat menikmati akhir bulan!

Sumber : cbn.com | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami