Biar Nggak Makin Parah, Ketahui Penyebab Asam Urat Dibawah Ini!
Sumber: techbook.de

Health / 12 December 2018

Kalangan Sendiri

Biar Nggak Makin Parah, Ketahui Penyebab Asam Urat Dibawah Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2309

Katanya sih asam urat cuma di alami oleh orang tua, nyatanya kita yang masih muda pun bisa saja mengalami asam urat.

Asam urat adalah suatu kondisi peradangan yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal urat di sekitar area sendi.

Jika kadar asam urat dalam tubuh kita terlalu tunggi makan ginjal nggak kana mampu memproses purin. Sehingga purin akan berubah menjadi kristal hitam dan akibatkan kita akan terasa nyeri, bengak dan mengalami peradangan.

Asam urat bisa diakibatkan oleh usia, jenis kelamin serta riwayat keluarga. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang nggak sehat pun bisa menjadi penyebabnya, sehingga mengapa asam urat nggak cuma menyerang orang tua tetapi juga kita yang masih muda.

Nah, gaya hidup seperti apakah yang bisa mengakibatkan kita terkena asam urat?

1. Terlalu sering mengkomsumsi minuman manis dan bersoda

Selain bisa meningkatkan resiko diabetes, sering minum minuman yang bersoda dan manis adalah gaya hidup yang nggak sehat dan menyebabkan asam urat yang tinggi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, minuman manis dan bersoda banyak sekali mengandung fruktosa yang buruk sekali bagi tubuh kita karena meningkatakn asam urat.

Nah, sebaiknya jangan sering-sering minum deh!

2. Minuman beralkohol

Selain minum yang manis, banyak minum alkohol juga bisa meningkatkan asam urat, hal ini karena ginjal akan lebih fokus mengeluarkan alkohol daripada zat purine.

Akibatnya, asam urat akan menumouk di dalam darah sehingga terbentuklah kristal-kristal yang asam dan mengakibatkan asam urat.

3. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan juga bisa membuat seseorang terkena asam urat loh. Ketika berat badan kita naik, maka yang terjadi adalah tubuh kita kesulitan untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

4. Obat-obatan

Penyebab asam urat juga bisa diakibatkan karena kita mengkomsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat-obatan bisa menyebabkan peningkatan asam urat, misalnya obat diuretik serta aspirin.

Sebaiknya hentikan dan kebanyakan mengkomsumsi ya!

5. Riwayat keluarga

Asam urat juga bisa terjadi faktor keturunan. Jadi kalau ada salah satu keluarga kamu yang mengalami asam urat maka hal yang sama bisa terjadi padamu.

Nah, sebaiknya dari sekarang jaga kesehatan dan komsumsi kamu ya! Supaya tetap sehat dan nggak terkena asam urat.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami