Tak Perlu Takut Mom, Begini Caranya Olahraga Biar Kandungan Tetap Sehat
Sumber: http://0e2b22ab69b3b9bf3da1-5a8636e5490f

Parenting / 11 December 2018

Kalangan Sendiri

Tak Perlu Takut Mom, Begini Caranya Olahraga Biar Kandungan Tetap Sehat

Naomii Simbolon Official Writer
2106

Kecuali kondisi kehamilanmu bermasalah, olahraga justru penting banget untuk kamu lakukan karena baik untuk menunjang kondisi kesehatanmu dan si jabang bayi yang ada di dalam perutmu.

Kondisi kehamilan pada seorang wanita memang cenderung bikin kita merasa malas melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal ini dikarenakan hormon kehamilan umumnya memang bikin tubuh terasa lemas dan berat. Akan tetapi sebaiknya, selama kehamilan jangan pula kita cuma menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan dan bersantai.

Demi sang bayi, kita perlu melakukan olahraga. Olahraga pas hamil dipercaya bisa memberikan kebugaran dan kesehatan menuju kelahiran nanti.

Nah, gimana mom tertarik untuk olahraga hamil? Coba ikutin instruksi di bawah ini ya!

1. Beritahu kepada pelatih atau instruktur kamu yang biasa, kalau kamu sedang hamil

Nah, kalau pelatih kamu tahu bahwa kamu sedang hamil maka kemungkinan mereka bisa membantu kamu dalam memberikan saran ahli atau merujuk kamu kepada praktisi yang berkualitas di wilayah tempat tinggal kamu. Kalau kamu nggak yakin dengan pelatih olahraga kamu sebelum hamil, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

2. Gunakan nafas kamu untuk melibatkan inti atau dasar panggul kamu pas latihan

Berlatihlah dengan nafas kamu dan mainkan nafas untuk mengontrol panggul kamu, sehingga pas melahirkan nanti panggul kamu nggak sakit banget.

So, persiapkan dirimu dan latih pernapasan kamu lebih tepat lagi ya demi memastikan panggul kamu tetap terintegrasi dan diaktifkan sepanjang kehamilan sampai persalinan.

3.  Gabunglah dengan kelas senam

*Aerobik

Ingat ya mom, senam aerobik yang dilakukan itu yang ringan-ringan saja, jangan sampai membahayakan kandunganmu.

Senam aerobik ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan kadar oksigen, mencegah ambeien, dan meningkatkan kekuatan otot serta membakar kalori.  Olahraga ini biasanya meliputi gerakan-gerakan menarik nafas sehingga meningkatkan kerja jantung.

*Pilates

Senam ini lagi booming dan hits banget di kalangan ibu-ibu hamil. Gimana tidak, senam ini bagus banget memperkuat otot-otot dan paling penting mempertahankan bentuk badan dan mencegah rasa sakit pas hamil atau melahirkan.

Sering-seringlah menghadiri latihan senam dan meminta instruktur dari pelatih kamu.

Sebenarnya masih banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan. Jika kamu tidak kuat untuk mengikuti senam hamil, setidaknya sering-seringlah berjalan karena bagus untuk kandunganmu serta membakar kalorimu. Nah, disarankan pakai sepatu yang bikin nyaman ya mom, biar jalan-jalannya asik.

Keliling aja 15-30 menit di kompleks rumah, sambil hirup udara pagi pasti seru dan segar!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami