4 Tradisi Pernikahan ini Paling Unik Di Seluruh Dunia! Indonesia Masuk Dalam Urutan Loh!

Marriage / 11 December 2018

Kalangan Sendiri

4 Tradisi Pernikahan ini Paling Unik Di Seluruh Dunia! Indonesia Masuk Dalam Urutan Loh!

Naomii Simbolon Official Writer
2330

Jika mendengar kata pernikahan, maka bisa jadi pikiranmu langsung melayang pada sebuah hal yang begitu dekat dengan prosesi nan membahagiakan. Bahkan rasanya tiap dari kamu sudah memikirkan bagaimana indahnya pernikahan yang akan kalian lakukan nanti.

Apakah kamu pakai upacara daerah atau adat atau mungkin dengan adat internasional.

Bahas-bahas soal upacara, selama ini memang dianggap sesuatu yang sangat sakral.

Tujuannya tentu saja agar pernikahan yang dilakukan dapat berjalan lancar dan kehidupan kedua mempelai diliputi berkat dan kebahagiaan. Oleh karena itu, tak jarang banyak orang yang melakukan berbagai macam tradisi yang harus atau nggak boleh dilakukan,

Nah, kali ini, yuk kita kepoin berbagai macam tradisi dalam upacara pernikahan yang manis banget dari seluruh dunia yuk! Penasaran?

1. Armenia

Di negara Armenia, ada sebuah tradisi unik yang harus dilakukan ketika upacara pernikahan dilaksanakan. Kedua mempelai harus memakan roti khusus yang disiapkan oleh perempuan paruh baya yang memiliki pernikahan yang bahagia.

2. Kongo

Nah, kalau di Kongo, ada sebuah tradisi yang harus dilakukan oleh kedua mempelai. Selama upacara dan resepsi pernikahan, kedua mempelai nggak diperkenankan untuk senyum sama sekali.

Duh, bisa kamu bayangin nggak gimana mereka menahan rasa tawa kalau saja ada tamu undangan yang menggelitik hati?

Dalam tradisi ini, kalau kedua mempelai tertawa atau senyum maka warga Kongo mengartikan bahwa mereka nggak serius dalam menjalin pernikahannya.

Ada-ada saja ya!

3. Jerman

Sepertinya warga Indonesia sudah banyak yang menikah dan juga pindah ke  Jerman ya? Kamu punya teman nikah sama orang Jerman atau berpacaran sama orang Jerman?

Nah, dalam tradisi Jerman ini, mempelai pria dan wanita diharuskan untuk membersihkan pecahan porselen makanan yang dilemparkan oleh para tamu undangan.

Tujuan para tamu undangan melemparkan itu karena dipercaya untuk menghancurkan roh jahat. Dibalik itu sebenarnya tradisi ini juga mengajarkan kedua mempelai untuk senantiasa bekerja bersama untuk menghadapi berbagai macam tantangan dalam bahtera rumah tangga.

Unik ya!

4. Indonesia

Mungkin istilah prosesi pingitan sudah nggak asing lagi di telinga kita bukan?

Sebenarnya kamu tahu nggak sih maksud dan tujuan dari pingitan itu apa?

Ya, sebelum pernikahan dilaksanakan biasanya mempelai perempuan nggak diperbolehkan untuk ditemui oleh mempelai pria selama seminggu. Selain itu, mempelai perempuan juga nggak diperkenankan untuk beraktivitas di luar rumah. Mungkin sih nggak semua orang taat dan melakukan ini sekarang.

Tetapi hal itu dilakukan karena dipercaya bahwa calon pengantin biasanya rentan digangguin oleh roh jahat, selain itu dengan pingitan demikian aura mempelai perempuan pun akan lebih terpancar ketika hari pernikahan tiba.

Pas kamu menikah, dipingit gitu nggak sih?

Yang namanya daerah dan negara pasti memiliki upacara atau tradisi pernikahan sendiri. Sah-sah saja asal nggak melanggar firman Allah saja dan menyembah Allah lain ya.

Pas nikah kemarin, kamu bikin upacara adat nggak sih?



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami