Lori Mora

Official Writer
731


Penyakit mata sapi merupakan salah satu penyakit mematikan yang dalam dunia medis disebut dengan istilah adalah Creutzfeldt-Jakob disease (CJD). Penyakit yang satu ini dinilai berkaitan dengan sebuah gangguan otak yang mematikan.

Gangguan otak ini bisa dideteksi dari tatapan mata pasien. Lewat tatapan mata seseorang bisa dideteksi apakah penderita CJD atau tidak. Parahnya, dari mata penderita bisa menularkan penyakit serupa kepada orang lain loh!

Hal ini dibuktikan dari hasil pemeriksaan profesor patologi di UC San Diego dan UC Davis, Christina J. Sigurdson, DVM, PhD bersama rekan-rekannya pada 20 November 2018 lalu. Mereka menemukan bahwa dari 11 pasien yang meninggal dunia ditemukan tanda-tanda yang sama di bagian mata mereka. Hal ini diyakini kuat sebagai tanda dari penyakit CJD.

“Hampir sebagian besar pasien penderita CJD mengalami gangguan penglihatan dan kami tahu bahwa penyakit ini bisa secara tidak disengaja ditularkan melalui transplantasi cangkok kornea. Tapi distribusi dan tingkat prion pada mata belum diketahui,” ucap Sigurdson.

Prion sendiri adalah protein buruk pada otak yang umumnya tak berbahaya. Tak diketahui apa yang menyebabkan prion normal bisa berubah menjadi patogen. Prion biasanya terakumulasi di otak dan menghasilkan lesi yang bisa menyebabkan neurodegenerasi progresif yang cepat. Pasien biasanya meninggal dalam satu tahun setelah diagnosa.

Selain langka, penyakit sapi gila juga menjadi 'hukuman mati' bagi siapa pun yang mengidapnya. Karena sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang tepat untuk penyakit ini.

Dalam penelitian terbaru, penderita CJD dengan tatapan seperti mata sapi gila mengandung prion sehingga bisa menular kepada orang lain. Tapi bagaimana prion bisa masuk ke mata belum begitu dipahami. Namun, para peneliti menduga, mungkin itu menyebar dari otak ke retina melalui transportasi di saraf optik.

Nantinya, para peneliti berencana untuk menguji air mata pengidap CJD untuk mengetahui apakah prion juga terdapat di sana. Jika iya, maka sumber penyebarannya semakin banyak dan berbahaya.

Sumber : Sciencedaily.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2