Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
256


 “To the ancients, friendship seemed the happiest and most fully human of all loves; the crown of life and the school of virtue. The modern world, in comparison, ignores it.”

(Buat orang-orang terdahulu, pertemanan adalah sesuatu yang paling bahagia dan manusiawi dari segala bentuk kasih; mahkota kehidupan dan sekolah kebajikan. Sementara di dunia modern ini, jika dibandingkan, kita justru mengabaikannya.)

Kutipan di atas ditulis oleh CS Lewis. Penulis yang dikenal oleh karya fiksi yang berjudul Narina ini sudah menuliskan kutipan ini sejak 50 tahun lalu. Namun, sepertinya kutipan justru menjadi sangat dekat dengan kehidupan kita sekarang ini.  

Pertemanan yang sejati dan dekat adalah salah satu hubungan yang paling dibutuhkan, tetapi banyak orang yang mengabaikannya.

Kalau dahulu, orang sangat menghargai sebuah pertemanan. Sementara sekarang ini, kita justru sering mremehkan pertemanan ini. Teman lebih dari sekedar mereka yang bisa diajak menghabiskan waktu bersama, tetapi lebih daripada itu.

Berikut adalah tahapan membangun pertemanan sekaligus mengenali arti teman yang sesungguhnya.

1. Kita semua membutuhkan sosok seorang sahabat

Teman bukan hanya sebuah aksesoris sosial, melainkan juga adalah sebuah kebutuhan. Ketika Tuhan menciptakan manusia, ia memulai dengan menciptakan Adam, dimana dirinya dikelilingi oleh tanah, laut, dan udara. Kemudian, Kejadian 2:18 menjelaskan bahwa tidak baik bagi manusia untuk sendirian. Tuhan mengatakan ini jauh sebelum manusia jatuh ke dalam dosa.

Meskipun dosa merupakan permasalahan kita, tetapi kesendirian adalah masalah pertama yang ada bagi manusia. Setiap kita butuh orang lain untuk bisa menjalani kehidupan yang berlimpah, yang baik dan yang telah Tuhan rencanakan buat kita. Itulah sebabnya Tuhan menyediakan seorang penolong.

2. Sebuah perjalanan bersama

Kita perlu memulihkan visi pertemanan sejati yang sekarang ini sering dilupakan. banyak orang yang menghadiri sebuah seminar pernikahan. Orang tua bisa membaca buku tentang pola asuh anak. Tetapi, bagaimana dengan pertemanan? Tidak banyak buku atau seminar yang menjelaskan tentang hal ini.

Tetapi, ketika mulai menggalinya, kita akan mendapati kalau pertemanan lebih dari sekedar tahu, atau juga persamaan minat dan selera.

Pertemanan yang sejati merupakan ikatan kasih yang dialami oleh dua orang saat mereka memilih untuk terbuka dan saling percaya satu sama lain. Seperti kisah Yonatan dan Daud. 1 Samuel 18:1-3, "Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi s  dia seperti jiwanya sendiri. Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya. Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri."

Amsal 18:24, "Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara."

Seorang teman sejati akan bersama dengan kita saat pasang surut kehidupan, melalui musim-musim yang terdapat matahari maupun kegelapan, ia tetap konsisten mengasihi kita. Ia bisa jujur tentang apa yang dipikirkan dan bisa meluapkan perasaannya kepada kita. Teman yang sejati akan saling memaafkan dan membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Untuk 2 lainnya, bisa dilihat pada artikel selanjutnya yaa..

 

Sumber : relevant

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us