Lori

Official Writer
1255


Saat suhu udara turun, jari-jari mulai membeku lalu diikuti dengan perubahan warna menjadi memerah dan akhirnya putih pucat. Tapi saat dalam kondisi suhu normal, tangan akan terlihat sedikit membiru.

Kondisi ini sendiri kata Dokter Melisa Lai Becker, kepala bagian pengobatan darurat di Cambridge Health Alliance di Everett Massachusetts disebut dengan penyakit Raynaud.

Mari mengenali penyakit ini lebih dekat.

Gejala penyakit Raynaud

“Rata-rata orang bisa berada di dalam suhu dingin dan bertahan tanpa sarung tangan, jari-jari mereka hanya akan sedikit terasa dingin,” kata Dr. Lai Becker.

Sebaliknya, penderita Raynaud akan mengalami reaksi yang lebih ekstrim. “Jika kamu menyentuh tangan mereka, kamu bisa mengetahui perbedaannya. Bahkan di lingkungan yang cukup dingin, tangan mereka akan putih pucat dan sangat dingin,” jelasnya.

Meski begitu, tak semua penderita Raynaud akan mengalami gejala yang sama. Ada yang mungkin tangannya dingin, memerah, membiru atau memutih. Ada yang hanya menunjukkan salah satu warna. Dan ada juga yang bahkan telinga, hidung, bibir dan tubuhnya seluruhnya berubah menjadi pucat.

Dr. Lai Becker pun menyarankan jika gejala-gejala ini muncul saat kamu berada di suhu yang dingin, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri kepada dokter. Dokter akan membantu menentukan apakah kamu menderita Raynaud primer atau sekunder, yang artinya penyakit ini bisa disebabkan oleh kondisi lain.

Penyebab penyakit Raynaud

Untuk Raynaud primer sendiir, faktor genetika bisa sangat berperan. Menurut Mayo Clinic, sekitar sepertiga orang dengan penyakit Raynaud primer pasti punya latar belakang keluarga yang juga mengalami penyakit serupa. Penyakit ini sendiri sangat rentan dialami oleh kaum perempuan berusia remaja.

Sementara untuk kasus Raynaud sekunder, menurut National Heart Lung dan Blood Institute bisa terjadi akibat adanya kerusakan saraf, cedera tangan dan kaki, paparan bahan kimia tertentu, stress dalam jangka waktu lama, pengaruh obat-obatan atau nikotin. Raynaud sekunder memang tidak begitu rentan dan hanya banyak diderita oleh mereka berusia di atas 40 tahun.

Adapun penyebab kenapa Raynaud menyebabkan tangan membiru adalah karena suhu dingin menyebabkan aliran darah ke pembuluh darah terhambat. Yang artinya, pembuluh darah menyemput dan membatasi suplai darah ke berbagai organ tubuh.

Baca Juga :

Ilmuwan China Ini Klaim Bisa Ciptakan Bayi dengan Rekayasa Gen Pertama di Dunia Loh!

Alasan Ini Bikin Kamu Harus Hati-hati Percayai Saran Kesehatan dari Internet

Apakah penyakit Raynaud berbahaya?

Untuk sebagian besar, Raynaud bukanlah masalah kesehatan yang cukup serius. Tapi kondisi ini setidaknya bisa meningkatkan risiko terkena radang dingin.

“Hal lain yang bisa terjadi adalah kebas. Pembuluh darah yang sangat kecil di ujung jari akan tertutup akibat dingin dan bagian tangan akan mati rasa karena tak mendapat aliran darah. Kondisi ini bisa mengakibatkan luka atau jaringan mati,” kata Dr. Lai Becker.

Selain itu, Raynaud juga bisa menyebabkan sirkulasi darah ke jari-jari tangan dan kaki terhenti sepenuhnya, meninggalkan kelainan bentuk. Tapi jangan panik, kondisi ini terbilang cukup langka.  

Pengobatan penyakit Raynaud

Ada banyak pilihan perawatan yang tersedia, tergantung pada tingkat keparahan Raynaud yang diderita.

Kalau penyakit ini sudah terbilang parah, penderita bisa dengan mengkonsumsi obat yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah sampai mendapatkan suntik Botox.

“Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghindari pemicu yang umumnya merupakan perubahan suhu udara. Ditambah lagi, mendapatkan sepasang sarung tangan yang tebal sangat penting,” katanya.

Sumber : Health.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7183

advertise with us