Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
394


Renovasi rumah bisa jadi rencana yang perlu kamu pikirkan berulang kali. Pasalnya, kamu harus benar-benar menyisihkan anggaran yang cukup besar untuk itu. Masih untung kalau anggaran yang sudah kamu sisihkan itu sesuai dengan alokasi. Tapi gimana kalau ternyata anggarannya justru di luar budget yang sudah kamu sisihkan?

Untuk menolongmu gak terjebak dari perhitungan anggaran berlebih dan pemborosan sepanjang melakukan renovasi rumah, alangkah baiknya untuk menerapkan 4 cara ini.

1. Pilih renovasi sendiri

Daripada menggaji kontraktor dengan harga yang lumayan mahal, akan jauh lebih murah kalau kamu merenovasinya sendiri. Cobalah mengeluarkan kemampuan bangunanmu dan kerjakan bagian-bagian rumah yang harus direnovasi satu per satu. Misalnya, kalau kamu mau mengecat rumahmu cobalah untuk mendapatkan bantuan dari rekan-rekan terdekat. Kamu tentu saja gak perlu membayar mereka sesuai dengan harga yang diminta seorang kontraktor bukan?

2. Renovasilah secara bertahap

Banyak orang berpikir kalau merenovasi rumah itu sama halnya dengan mengubah secara total semua bentuk rumah dengan bentuk yang baru. Kalau memang anggaranmu pas-pasan, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan merenovasinya secara bertahap. Misalnya, merenovasi dapurnya dulu. Setelah selesai kamu bisa mengumpulkan uang lagi untuk renovasi atap, lantai atau kamar mandi.

3. Carilah barang-barang bekas yang masih layak pakai

Tentu saja harga barang baru dengan yang bekas akan berbanding jauh. Kalau kamu memang mau mengganti perabotan rumahmu dengan yang baru, kamu juga bisa melakukannya dengan sistem tukar tambah. Dengan itu kamu bisa mendapat potongan harga yang gak terlalu mahal.

4. Membeli bahan bangunan dengan cerdas

Jangan hanya membeli dari toko-toko bangunan lokal saja. Carilah peralatan bangunan yang lebih murah dari berbagai situs online terpercaya. Di sana kamu juga bisa membandingkan harga dari barang-barang yang kamu cari, misalnya harga furnitur, cat, genteng, kaca dan sebagainya.

Pastinya semua orang akan mengalami masa paling krisis selama renovasi rumah. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menghemat biaya pengeluaran dengan cerdas loh.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Antonius Adi 21 May 2019 - 18:03:50

Halo selamt mlm, sy ada permasalahan, apakah bs di.. more..

1 Answer

Nicholas Mattheus 21 May 2019 - 14:37:53

Tunduk

0 Answer

Niketut Blegur 19 May 2019 - 22:01:49

menurut perjanjian lama kurban dibagi menjadi 2 ya.. more..

1 Answer


Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Kopdar Superyouth


7248

Testify20