Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
345


Suatu hari, Nina punya sebuah masalah dengan teman satu komselnya. Ia menyadari betul kalau dirinya telah melakukan kesalahan dan mencoba untuk memperbaikinya. Bukannya hubungan Nina dan temannya jadi makin baik, tetapi justru sebaliknya.

Teman satu komselnya ini adalah pribadi yang cukup dekat dengannya. Ia merasa sangat bersalah dan hal ini membuatnya menangis setibanya ia di rumah. Sebagai suami, Rino ingin membantu istrinya yang sedang sedih ini.

Ia bertanya tentang apa yang terjadi dan mencoba untuk mencari jalan keluar agar perasaan Nina lebih baik. Rino duduk sebelah Nina dan berkata, "Kayaknya ini memang salah paham aja, deh. Kenapa nggak coba untuk ngomong langsung aja ke temanmu itu?"

Bukannya menjawab pertanyaan Rino, Nina justru memandang Rino dan menanggapinya dengan 2 pertanyaan yang membuat Rino bungkam.

"Kenapa semua yang aku ceritakan ini harus berujung pada sebuah solusi atau merasa ada sesuatu yang perlu dibenarkan?"

"Apa kamu nggak peduli dengan apa yang aku rasakan?"

Nina langsung melangkah menuju kamar mandi, yang kemudian membuat suaminya bertanya-tanya tentang sikapnya ini.

Pertanyaan yang ada dalam pikiran Rino ini sudah ada jawabannya dalam Alkitab, "Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, suapaya doamu jangan terhalang." (1 Petrus 3:7).

Dr. Sue Johnson, seorang pakar hubungan pernikahan mengatakan kalau ada 3 hal yang dapat membuat kita menjadi semakin memahami istri kita.

1.  Accessibility

Aksesibilitas berarti sikap terbuka terhadap emosi pasangan. Kebanyakan orang menginginkan untuk dipahami, dan salah satu caranya adalah dengan rasa nyaman yang timbul saat sedang berbagi mengenai apa yang sedang kita rasakan. Ini adalah inti dari keintiman.

Meskipun nggak selalu mudah, terutama di dunia yang sudah modern, dimana karir, smartphone, dan banyak hal lainnya menjadi penghalang buat kita untuk bersikap terbuka dengan pasangan soal apa yang benar-benar rasakan.

2.  Responsiveness

Responsif berarti menempatkan diri kita pada emosi pasangan. Pasangan tidak hanya mau kita melihat kesulitan yang dialaminya, ia juga mau kita peduli terhadap apa yang dirasakannya. Inilah pentingnya buat kita untuk belajar empati, dimana kita merasakan kesulitan bersama-sama dengan pasangan.

Hal ini juga diajarkan oleh Yesus kepada kita. Ketika hendak membangkitkan Lazarus, Yohanes 11:35, "Maka menangislah Yesus."

Ayat di atas membuat kita bertanya, kenapa Yesus harus menangis bersama-sama dengan saudari Lazarus, padahal sudah jelas sekali kalau Ia akan membangkitkannya. Lewat cerita ini, Yesus mengajarkan kita untuk memiliki sikap empati. Penting buat kita untuk memahami dan bersama-sama dengan orang yang sedang mengalami kesulitan.

3.  Engagement

Setelah kita membuka hati dan bersikap empati terhadap pasangan, kini kita tinggal melakukan langkah akhirnya, yaitu dengan menganggap pasangan sebagai orang yang paling berharga. 1 Petrus 3:27 menjelaskan kalau wanita merupakan kaum yang lebih lemah.

Rasul Petrus tidak menjelaskan kalau wanita memang lebih lemah secata emosional, pemikiran, spiritual, atau hal lainnya. Hanya saja, saat ayat ini di tulis, Rasul Petrus menyadari kalau wanita hanya memiliki sedikit hak.

Bahkan, pada jaman Roma kuno, nggak jarang kalau istri diibaratkan sebagai sebuah properti. Lewat ayat ini, Petrus mau mengingatkan agar suami memandang istri sebagai teman pewaris dari kasih karunia. Istri merupakan harta yang tidak ternilai.

Lewat tiga langkah di atas, kita kembali diingatkan untuk membuka hati dan bersedia untuk bersama-sama dengan istri kita. Cara ini membuat kita menjalin sebuah hubungan yang kian dekat dengan memahami perasaannya.

 

Sumber : focusonfamily

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth