Gak Usah Malu, Ini 3 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Anak-anak kita!
Sumber: For Every Mom

Parenting / 19 November 2018

Kalangan Sendiri

Gak Usah Malu, Ini 3 Hal yang Bisa Kita Teladani dari Anak-anak kita!

Budhi Marpaung Official Writer
1787

Karena merasa lebih dahulu lahir dan menganggap memiliki pengetahuan yang lebih banyak, kita suka menganggap sepele anak-anak kita. Buktinya, kita - orangtua - sering mengabaikan hal-hal baik yang justru ditunjukkan oleh mereka. Pikiran kita suka meracuni, ‘Kan dia begitu karena dia belum merasakan pahit getirnya kehidupan dunia ini’ dan banyak alasan lainnya.  

Mungkin ada dari kamu yang bertanya-tanya, hal-hal baik apa saja yang terlewatkan oleh kita dan justru perlu kita teladani dari anak-anak kita? Berikut daftarnya:

1. Jujur


Seorang anak pada umumnya tidak dapat (atau tidak bisa berlama-lama) menyembunyikan apa yang ia rasakan di dalam hatinya. Jika ia merasa tidak nyaman, ia akan menangis atau menunjukkan gestur-gestur tubuh yang menunjukkan hal itu.

Di dalam kamus seorang anak kecil, mengatakan atau menunjukkan apa yang dia rasakan adalah penting. Ini sesuatu yang tidak bisa ditahan-tahan oleh mereka. Apa adanya adalah natur mereka.  

2. Tulus

Seorang anak kecil ketika mengatakan ia menyayangi seseorang maka itu adalah benar adanya. Mereka biasanya tidak mau berpura-pura. Perkataan dan tindakan mereka senantiasa selaras.

Hal paling mudah untuk melihat ketulusan mereka adalah ketika mereka melihat orang yang mereka kasihi sakit. Dengan kemampuan mereka, mereka akan menunjukkan kasih mereka kepada orang yang mereka kasihi tersebut.

3. Punya keingintahuan yang tinggi

Ketika anak menanyakan ini dan itu sebenarnya itu adalah bukti mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka tidak malu saat melakukannya karena mereka tahu jika mereka diam saja maka mereka tidak akan mendapatkan jawabannya.

Begitu pun juga ketika mereka tidak mengerjakan sesuatu yang membuat mereka penasaran maka mereka akan jadi uring-uringan atau terpikir terus.

Baca Juga: Kemana pun Bertugas, Pahlawan Indonesia Peranakan Tionghoa ini Bawa Alkitab Lho. Keren ya

Itulah tiga hal yang bisa kita pelajari dari anak-anak kita. Dengan hikmat yang diberikan oleh Tuhan dan pemahaman yang lebih matang maka sesungguhnya kita selaku orang yang lebih dewasa bisa semakin baik juga di dalam menerapkan semuanya itu. Pertanyaannya sekarang, apakah kita mau mempraktikkan itu semua di dalam kehidupan kita? 

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami