Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
266


Cokelat, kopi dan teh memang sangat identik dengan minuman yang sering menemani kita dalam kegiatan sehari-hari. Ketiga jenis bahan ini dikonsumsi dengan cara yang beragam. Selain nikmat, ternyata mengonsumsi cokelat, kopi dan teh bisa memperpanjang usia hidup kita, lho. Hal ini juga sudah teruji dalam sebuah penelitian.

Eits, ada tapinya, nih. Ketiga bahan ini akan memberi efek memperpanjang harapan asalkan kita mengonsumsinya bersama dengan suplemen zinc. Penelitian ini disusun dari University of Erlangen di Nuremberg dan Auburn University di Alabama. Efek perpanjangan usia ini adalah karena ketiga bahan ini dapat melindungi diri dari stres oksidatif yang terjadi secara alami. 

Dikutip dari Wikipedia, Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Akibatnya intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh normal menjadi semakin tinggi dan menimbulkan kerusakan yang lebih banyak.

Literatur medis membuktikan bahwa stres oksidatif adalah penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan lain-lain. Stres oksidatif dapat dicegah dan dikurangi dengan asupan antioksidan yang cukup dan optimal ke dalam tubuh.

Zinc bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Cokelat, kopi dan teh sendiri mengandung zat polifenol yang bersifat antioksidan. Dalam penelitiannya, kedua unsur ini dikombinasikan, hasilnya polifenol tidak dapat memecah stres oksidatif.

Saat dikombinasikan dengan zinc, bahan ini akan menghasilkan enzim mega kompleks yang dapat melindungi tubuh dari gas limbah, dimana gas ini merupakan produk samping sel yang bersifat merusak.

Dikutip dari Kompas, senyawa yang dihasilkan mirip dengan superoksida dismutase enzim (SOD) yang terjadi secara alami, yang dapat menghancurkan gas limbah serta melindungi tubuh. Penelitian ini merupakan yang pertama kalinya membuktikan adanya tiruan efek enzim.

Sebelumnya, sudah dilakukan riset yang menggunakan logam lain seperti besi atau tembaga yang sama memiliki efek antioksidan. Namun, kedua jenis logam ini tetap menyebabkan peningkatan stres oksidatif.

Pilihan pada zat zinc dinilai sangat efektif sebab senyawa ini kurang beracun dibandingkan dengan senyawa logam lainnya. Dalam hipotesisnya, penemuan ini baik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di kemudian hari. Pada penelitian sebelumnya mengungkapkan kalau konsumsi coklat dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi stres dan membuat seseorang jauh lebih bahagia.

Jadi, gimana nih, ada yang mau mencoba campuran cokelat, kopi atau teh dengan suplemen yang mengandung zinc? 

Sumber : kompas

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7228

Superyouth