Ini Alasan Makan Siput Hidup-hidup Bikin Pemuda Ini Lumpuh dan Meninggal
Sumber: Extra.ie

Health / 13 November 2018

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Makan Siput Hidup-hidup Bikin Pemuda Ini Lumpuh dan Meninggal

Lori Official Writer
3027

Kamu mungkin pernah diperhadapkan sama tantangan ekstrim yang diminta sama teman-temanmu untuk kamu lakukan. Misalnya makan hewan hidup, minum air kotor dan sebagainya. Supaya gak dibilang pecundang, kamu pun menerima tantangan itu dan membuktikan kalau kamu jago.

Tapi tahukah kamu, kalau kamu gak ekstra hati-hati, nyawamu pun bisa jadi taruhannya loh. Hal inilah yang dialami oleh seorang pemuda 29 tahun asal Sydney, Australia Sam Ballard.

Sam Ballard meninggal dunia setelah sekian lama menderita kelumpuhan. Hal ini terjadi sejak dirinya menerima tantangan teman-temannya untuk menelan siput dalam kondisi hidup-hidup. Kejadian itu terjadi saat mantan pemain rugby itu baru berusia 19 tahun.

Beberapa hari setelah itu, Sam mengeluh pusing, muntah dan rasa sakit di kakinya. Dia pun segera dilarikan ke rumah sakit. Dokter yang menanganinya kemudian mendiagnosa Sam terinfeksi cacing parasit yang disebut Angiostrongylus cantonensis yang biasanya ditemukan pada tikus.

Cacing parasit ini diyakini terjangkit di tubuh siput yang ditelannya melalui kencing ataupun sisa makanan tikus yang dikonsumsi. Cacing parasit inilah yang bisa menyerang sistem saraf dan otak sampai berujung pada kelumpuhan.

Baca Juga :

Mengenal Decompression Sickness, Penyakit yang Rentan Tewaskan Para Penyelam

Seberapa Sering Sih Kita Harus Buang Air Kecil Dalam Sehari? Ini Jawabannya…


Sam bahkan jatuh koma selama 420 hari karena penyakit yang disebut dengan eosinophilic meningoencephalitis, sejenis penyakit meningitis. Meskipun dirinya kembal sadarkan diri, namun tubuhnya sudah dalam kondisi lumpuh dan kerusakan otak yang parah. Dia pun terpaksa harus menjalani pengobatan terus menerus akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.

Sayangnya, penyakit Sam tak dapat disembuhkan. Dia pun akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Jumat, 2 November 2018 lalu.

Ibu Sam, Katie Ballard berharap kasus yang menimpa putranya jangan sampai terulang kepada anak muda lainnya. Dia mengingatkan supaya tantangan-tantangan seperti menelan hewan, makanan atau apapun itu jangan lagi terjadi. Karena dampaknya benar-benar serius bagi kesehatan tubuh.

Hal ini juga sekaligus menjadi peringatan kepada kita, khususnya anak-anak muda yang suka membuat tantangan ekstrim kepada teman-temannya. Semoga kejadian semacam ini gak lagi terjadi ya. Dan buat kita semua, apapun alasannya jangan pernah mau mencoba tantangan semacam ini. Sayangilah kesehatanmu dan hidupmu!

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami