Pernah Alami Rasisme, TobyMac Pilih Ceritakan Lewat Lagu Baru Ini
Sumber: Billboard.Com

Entertainment / 10 November 2018

Kalangan Sendiri

Pernah Alami Rasisme, TobyMac Pilih Ceritakan Lewat Lagu Baru Ini

Lori Official Writer
2319

Toby MecKeehan atau dikenal dengan nama panggung TobyMac akhirnya meluncurkan lagu barunya yang berjudul Starts With Me. Bukan sembarang lagu, di balik penggarapannya TobyMac rupanya membuat lagu ini berdasarkan pengalaman pribadinya ketika menghadapi perlakuan rasial.

Dia mengaku lagu baru ini bicara soal keragaman. Dimana dua dari lima anaknya adalah keturunan Afrika-Amerika dan istrinya adalah orang Jamaika. Sementara TobyMac sendiri lahir di Virginia dan semenjak kecil sang ayah justru telah mengajarkannya tentang gap antar suku dan ras.

“Ayahku akan memberitahukan tentang apa yang ayahnya bagikan kepadanya. Aku baru mulai berpikir, ‘Aku mau menulis lagu yang jujur dan aku ingin perubahan dimulai dari diriku sendiri. Aku ingin anak-anakku memandang dengan cara yang berbeda,” kata TobyMac.

Di lagu Stars With Me, dia mencoba membagikan tentang sistem yang rusak dan perlakuan yang tidak adil. “How can I know the dreams You have for me/How do I believe beyond what I have seen..” Ini adalah sepenggal dari lirik lagu yang ditulis TobyMac dan menggambarkan bagaimana pandangan dan ucapan orang lain bisa membutakan kita dari rancangan indah Tuhan atas hidup kita. TobyMac begitu banyak bertanya kepada Tuhan tentang apa yang seharusnya tidak dialaminya di masa kecil.

“Saat kamu takut meminta seseorang yang berbeda budaya denganmu menceritakan tentang dirinya sendiri, hal itu semacam sgembok dan membuat kita hidup dalam bayang-bayang yang berkaitan dengan ras. Tapi aku pikir kita perlu membuka hati kita, melihat dari sudut pandang orang lain selama satu menit,” terangnya.

Dia menegaskan, orang-orang percaya harus memiliki hati yang terbuka bagi orang lain. Menjadi orang percaya yang diteladani oleh dunia.

“Kita orang-orang yang seharusnya menjadi orang yang ditiru dan sudah jadi tugas kita untuk menyadari apa yang dirasakan seseorang, itulah yang disebut dengan belas kasih,” lanjutnya.

Dia mengingatkan bahwa dengan menjadi pribadi yang peduli dan mau bertindak memecahkan gap perbedaan menjadi cara terbaik untuk menghadirkan pemulihan. Dan hal inilah yang selalu disuarakan oleh pria berusia 54 tahun ini dalam setiap lagu-lagunya sejak berkarir solo pada tahun 2001 silam.

Saat tampil bersama Kirk Franklin dan Mandisa, dia membawanya lagu Stars With Me sebagai lagu pengingat bahwa setiap orang adalah anak-anak Allah dan dipandang sama di mata-Nya.

TobyMac sendiri selalu menyuarakan kalimat yang diucapkan oleh tokoh reformator Martin Luther King Jr yaitu ‘Hanya cinta yang bisa mengusir kegelapan.’

Nah, buat kamu yang mau dengar lagunya bisa klik di bagian gambar diartikel ini yak.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami