Saat Media Sosial Bahas Politik, Nimbrunglah Setelah Menjawab 3 Pertanyaan Ini!
Sumber: Google

Single / 9 November 2018

Kalangan Sendiri

Saat Media Sosial Bahas Politik, Nimbrunglah Setelah Menjawab 3 Pertanyaan Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
2172

Kalau kita lihat, orang-orang semakin menjadikan politik untuk memecah belahkan kita bahkan bisa mempengaruhi cara pandang orang mengenai Yesus dan injil.

Mulai dari ketemu face to face hingga di sosial media.

Sebelum kamu ikutan nimbrung dan memposting mengenai politik di sosial media atau artikel, sebaiknya tanyakanlah beberapa pertanyaan dibawah ini kepada dirimu sendiri, biar nggak cuma ikut-ikutan saja.

1. Apakah kamu sudah memiliki fakta mengenai apa yang kamu sedang posting atau tulis?

"Orang bebal tidak suka kepada pengertian, hanya suka membeberkan isi hatinya." (Amsal 18:2)

Firman di atas dengan jelas memperingatkan kita tentang betapa pentingnya mendengar dan memahami suatu masalah sebelum mulai membicarakannya. Semakin kita memecah-belah sebuah masalah, maka semakin banyak waktu yang kita habisnya untuk memahaminya.

Sebaiknya, pastikan yang kamu tulis itu benar, nggak cuma berasumsi doang ya. Biarkan kita menjadi orang Kristen yang menjadi terang dan jujur.

2. Apakah hal itu perlu dan penting untuk ditulis, di posting atau dikatakan?

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia." (Efesus 4:29)

Apakah yang kamu tulis itu penting dan mendatangkan berkat atau rahmat bagi mereka yang membaca atau mendengarkannya? Apakah hal itu  meningkatkan pemahaman mereka dan mendapatkan wawasan yang lebih luas dengan perspektif Alkitab mengenai masalah politik yang kamu tulis ini? Apakah kata-kata kamu mengarahkan mereka kepada Kristus? Atau justru yang kamu katakan itu hanya untuk melampiaskan emosi kamu dan mengundang amarah untuk yang lain? Coba tanyakan kepada dirimu ya!

3.  Mengapa serta untuk apa kamu menulis hal ini?

Nah, sekarang kamu perlu mempertimbangkan apakah kamu adalah orang yang tepat untuk mengatakan sesuatu mengenai politik ini di sosial media?

Apakah kamu punya wawasan yang luas mengenai masalah ini dan belum pernah kamu lihat di tempat lain, atau apakah kamu cuma mengulangi argumen yang kamu baca dari media sosial orang lain?

Apakah kamu memiliki peran atau tanggung jawab jika tiba-tiba karena dengan postingan kamu lalu orang mencari kamu untuk bimbingan mengenai ini? Terus, kenapa kamu harus menjadi orang yang mengatakan hal ini?

Sebagai orang Kristen, sebelum kita memulai untuk bicara dan sebelum kita benar-benar memposting sesuatu, mari kita pastikan apakah itu adalah sesuatu yang layak untuk diposting, yang membangun, yang nyata, yang memuliakan nama Tuhan atau hanya ikut-ikutan dan melampiaskan emosi?

Bukan untuk batu sandungan, tetapi Tuhan ingin kita menjadi berkat. Siapa pun kamu, entah itu masuk dalam politik atau nggak, sebaiknya pikirkanlah 3 pertanyaan di atas sebelum memposting dan berbicara sesuatu mengenai politik di sosial media, bahkan apa pun itu.

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami