Seberapa Sering Sih Kita Harus Buang Air Kecil Dalam Sehari? Ini Jawabannya…
Sumber: Merdeka.com

Health / 9 November 2018

Kalangan Sendiri

Seberapa Sering Sih Kita Harus Buang Air Kecil Dalam Sehari? Ini Jawabannya…

Lori Official Writer
2512

Pernah gak sih kamu mikir berapa kali harusnya kita buang air kecil dalam sehari? Mungkin ada suatu hari dimana kamu lebih sering ke toilet dibanding hari-hari tertentu. Dan ada hari dimana kamu sama sekali hanya ke toilet mungkin 2 atau 3 kali saja.

Berapa kali sih kita harus buang air kecil normalnya setiap hari?

Berapa kali kita ke toilet selalu berbeda satu sama lain. Tapi normalnya, mereka yang sehat bisa buang air kecil sekitar empat sampai sepuluh kali dalam sehari. Rata-ratanya bisa enam sampai delapan kali sehari.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berapa kali seseorang buang air kecil, seperti:

  • Faktor umur
  • Asupan air minum
  • Ukuran kandung kemih
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan kafein
  • Kondisi medis, serta
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Jadi kalau kamu adalah orang yang suka mengkonsumsi kopi untuk membuatmu tetap produktif selama bekerja, maka kamu juga akan semakin sering pergi ke toilet. Hal ini terjadi karena kandungan diuretic dalam kafein yang memicu produksi air seni semakin meningkat. SAma halnya kalau kamu adalah tipe orang yang punya kandung kemih berukuran kecil. Maka kamu akan cenderung buang air kecil lebih sering. Kondisi kesehatan seperti mengandung juga bisa menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering.

Baca Juga :

Cek Kesehatan Dengan 11 Warna Urin Ini

Fakta dan Bahaya Buang Air Kencing di Kolam Renang

Tapi kalau kamu mendapati kebiasaan buang air kecilmu tiba-tiba berubah, dari yang sering menjadi sangat jarang, itu pertanda ada masalah di dalam organ tubuhmu. Untuk memastikan kalau kondisi kesehatanmu baik-baik saja, cobalah untuk mengatur pola minummu. Hal ini bisa membantu untuk mencari tahu penyebabnya, seperti mungkin karena kamu kurang minum. Dan dengan itu, kamu gak perlu buru-buru pergi ke dokter.

Tapi kalau kamu justru menghadapi kondisi seperti buang air kecil yang terlalu sering dan hanya mengeluarkan sedikit saja urin, hal ini menandakan bahwa kamu harus segera memeriksakan diri. Kondisi lain yang juga perlu kamu waspadai adalah jika kamu merasakan nyeri atau sakit saat buang air kecil, bisa jadi kamu mengalami infeksi di bagian kandung kemihmu.

Waspadalah dengan beragam tanda-tanda ubnormal dari kebiasaan buang air kecilmu. Sebelum terlambat, periksalah apakah kamu masih buang air kecil dengan normal atau tidak.

Sumber : Timesofindia.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami