Sibuk, Lupa Olahraga?Tetap Sehat Dengan Melakukan Kegiatan Sederhana Ini Sebelum Tidur
Sumber: https://www.mediabistro.com/wp-content/u

Health / 7 November 2018

Kalangan Sendiri

Sibuk, Lupa Olahraga?Tetap Sehat Dengan Melakukan Kegiatan Sederhana Ini Sebelum Tidur

Naomii Simbolon Official Writer
2533

Olahraga merupakan kegiatan yang harus kita lakukan secara rutin, setidaknya 30 menit olahraga ringan dalam 1 hari. Mengapa? Karena olahraga sangatlah bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga nggak rentan terkena penyakit.

Selain itu olahraga juga bagus memberi efek yang baik bagi produktivitas tubuh.

Namun sayangnya nggak semua orang bisa berolahraga setiap hari dengan rutin. Bisa dikarenakan malas, bahkan karena sibuk dengan urusan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Apalagi kamu pekerja keras.

Sebenarnya, pekerjaan dan olahraga itu harus sebanding. Kebanyakan kerja tanpa olahraga pun bakal bikin kamu sakit dan uang yang kamu tabung, habis untuk berobat deh.

Aku rasa, nggak semua orang yang suka mengalami itu dan semua orang  ngga ada yang mau sakit dan menghabiskan tabungan untuk berobat.

Nah, buat kamu yang nggak sempat olahraga secara rutin karena sibuk, kamu masih tetap bisa kok menjaga kesehatan kamu dengan makan sehat dan mengangkat kaki kamu selama 15 menit setiap hari sebelum tidur.

Sederhana kan?

Meski sederhana tetapi manfaat dibalik kegiatan ini banyak loh.

Saya kutip dari YouTube "Ragam Manfaat," inilah beberapa manfaat angkat kaki selama 15 menit :

1. Detoksifikasi hati dan ginjal

Ketika kita mengangkat kaki ke atas maka darah akan mengalir kembali ke hati dan ginjal. Sehingga akan membantu hati dan ginjal bekerja lebih baik untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Menambah energi

Pada saat kita mengangkat kaki, maka tubuh akan teraktivasi sama seperti ketika kita berolahraga, membuat tubuh lebih berenergi.

3. Melancarkan sirkulasi aliran darah

Gerakan ini juga mampu membantu sirkulasi alirah darah dalam tubuh menjadi tambah lancar. Soalnya, pose terbalik ini bisa membawa oksigen masuk ke bagian atas tubuh. Nggak cuma itu, gerakan ini juga bisa membantu tubuh kamu menyeimbangkan tekanan darah.

4. Mengurangi stres

Cara ini sangat ampuh. Saya sendiri pun sudah mencobanya.

Selain berdoa, salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan mengangkat kaki dan menempelkan ke dinding selama 15 menit.

Mulailah mencoba sambil mengkombinasikan latihan pernapasan kamu supaya bisa lebih rileks ya.

5. Menurunkan lemak darah

Ketika kaki kita terangkat ke atas, maka yang terjadi adalah tubuh kamu akan mengeluarkan keringat dan keringat itu secara otomatis mengeluarkan racun dan membakar lemak dalam tubuh.

Pada saat yang bersamaan limpa pun akan berlatih. Nah, seperti yang sudah kita ketahui ketika fungsi limpa kita meningkat maka gula darah pun akan terkontrol dengan baik.

Untuk melakukan cara ini, kamu cukup berbaring dengan badan lurus, lalu  kedua tangan letakkan di atas perut, kemudian kedua kaki dirapatkan. Setelah itu, angkat kaki kamu ke atas dan tekuk lutut kamu 90 derajat. Jangan lupa pertahankan posisi seperti ini selama 15 menit.

So, itulah manfaat dari mengangkat kaki sebagai ganti olahraga untuk kesehatan kamu. Tertarik melakukannya?

Oh ya, jangan lupa sebelum bahkan setelah melakukan kegiatan ini, pastikan kamu meminum air hangat sekitar 300ml ya. Semangat sehat!






Sumber : youtube
Halaman :
1

Ikuti Kami