Sudah Siap Jadi Orangtua? Lakukan 3 Hal Ini Biar Makin Mantap!

Parenting / 6 November 2018

Kalangan Sendiri

Sudah Siap Jadi Orangtua? Lakukan 3 Hal Ini Biar Makin Mantap!

Naomii Simbolon Official Writer
2172

Setiap saya berkaca di depan cermin panjang dekat pintu rumah saya, maka saya akan melihat tulisan "apakah anda sudah rapih, jika belum jangan pergi dari sini."

Tulisan itu adalah tulisan favorit yang ayah saya sengaja tulis untuk kita bisa baca dan perhatikan.

Ayah saya adalah seseorang yang sangat peduli dengan penampilan dan kebersihan diri, dia sangat memperhatikan setiap detil lipatan pakaiannya habis di setrika dan campuran warna celana dan bajunya.

Setelah menjadi dewasa, rata-rata anak-anaknya, misalnya saya dan beberapa adik saya bersikap demikian.

Kita memperhatikan pakaian apa yang kita pakai hingga pemilihan warna dan lain sebagainya.

Yang saya mau katakan adalah cara hidup kita sebagai orang tua sangat mempengaruhi pertumbuhan anak-anak kita. Benar bukan?

Ketika kamu menikah dan hendak memutuskan memiliki anak, apakah kamu pernah berpikir 'apakah saya siap menjadi orangtua?'

Siapkah kamu menjadi ibu dan ayah yang harus mengurus bayimu, menjadi contoh bagi mereka dan lain sebagainya?

Nah, jika hari ini kamu bermimpi hendak menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anakmu, maka ayo persiapkan dirimu untuk anak-anakmu!

1. Menyelami dunia anak-anak

Sebelum menjadi orangtua maka kamu harus belajar menyelami dunia anak-anak dulu. Biar kalau pas punya anak, kamu nggak terkejut melainkan kamu tahu apa yang hendak kamu lakukan, right?

Salah satu cara untuk menyelami dunia anak-anak adalah dengan bermain atau berada di sekitar anak-anak. Meskipun kamu nggak ngelakuin persis seperti orangtua mereka lakukan, minimal kamu bisa belajar sesuatu.

Misalnya, setelah asik bermain, tiba-tiba dia menangis. Bagaimana cara kamu membuatnya diam atau kamu bisa belajar bagaimana orang tuanya mendiamkannya.

Ketika anak merengek sesuatu, mungkin kamu bisa belajar enenangkan dia.

2. Mempersiapkan kekompakan kamu dengan suami

Tau nggak setelah memiliki anak, kamu nggak akan bisa berlibur dan bermesraan seperti sekarang ini loh.

Jadi ketika kamu belum memiliki anak, sebaiknya persiapkan kekompakan kalian ya. Bangun keromantisan kalian dengan liburan bersama dan menikmati waktu bersama. Lalu bicarakan konsep seperti apa yang akan kalian lakukan ketika sudah memiliki anak. Apakah ada acara kencan sekali sebulan tanpa anak, dan lain sebagainya.

Pasangan jauh lebih penting dari pada anak. Bukan berarti anak itu nggak penting ya?

Maksudnya adalah pasangan menduduki peran paling penting dalam hidupmu dibanding anak, karena tanpa pasangan maka kamu pun tak akan bisa membesarkan anak, mendidik dan menjadi orang tua yang sempurna.

3. Memiliki pekerjaan yang bersahabat

Sebelum kamu memiliki anak, pastikan kamu sudah tahu kebijakan di perusahaan kamu mengenai itu.

Jangan sampai kamu sedang hamil tua tetapi perusahaan masih memintamu untuk bekerja. Jangan pula ketika istrimu melahirkan, tetapi perusahaan menyuruhmu untuk bekerja dan selesaikan deadline.

Itu benar-benar buruk!

Pastikan kebijakan perusahaanmu saat ini bersahabat denganmu. Misalnya cuti hamil, jam kerja dan lain sebagainya.

Kasihan kan si kecil kalau sampai kamu dimintai kerja sampai larut malam setiap hari?

Memiliki anak adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Jangan menunda untuk memiliki anak ya, dan persiapkan dirimu dengan 3 hal di atas sebelum menjadi orang tua. Semoga terinspirasi!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami