3 Kebiasaan Atur Keuangan Ala Entrepreneur Yang Wajib Kamu Contoh!
Sumber: Elshinta.com

Finance / 6 November 2018

Kalangan Sendiri

3 Kebiasaan Atur Keuangan Ala Entrepreneur Yang Wajib Kamu Contoh!

Naomii Simbolon Official Writer
1958

 

Di zaman sekarnag ini, kesuksesan bisa diraih lewat berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan cara berbisnis.

Bila kamu adalah anak muda yang merasa memiliki insting dan semangat yang kuat di bidang tersebut, menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang layak untuk kamu pertimbangin.

Selain berkemampuan membaca peluang dan kemauan bekerja keras, kamu juga harus membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dilakukan dan dipelihara oleh entrepreneur dengan baik.

Untuk menjadi entrepreneur sukses pasti harus memiliki disiplin dalam mengelola keuangannya. Kalau tidak maka keuangannya akan berantakan hehe.

Nah, di bawah ini ada 4 kebiasaan para entrepreneur dalam mengelola keuangan yang harus kamu pelajari dan tiru sejak dari sekarang  bahkan dalam keuanganmu secara pribadi!

1. Membayar saya terlebih dahulu (Pay Me First)

Pay me first not pay all first.

Artinya, ketika kamu mendapatkan penghasilan atau keuntungan dari bisnis kamu atau dari gaji kamu, maka hal pertama yang harus kamu pikirkan dan usahakan adalah bukan pengeluaran atau  kebutuhan kamu. Tetapi bagaimana kamu memastikan diri kamu nggak akan kelaparan hari esok dan masa depan.

Dalam arti, kamu harus menabung. Pay me first itu bisa diartikan menabung dan itu nomor satu yang harus dilakukan. Ketika kamu bisa menabung dengan baik, maka investasi dan keuangan kamu akan semakin lancar.

2. Hemat

Rata-rata kalau kita melihat para entrepreneur, mereka cenderung memiliki gaya hidup yang mewah, right?

Tetapi uang itu rata-rata bukan penghasilan utama mereka yang dihabiskan, dan itu hanyalah sebagian besar. Mungkin itu hanya bunga dari bisnis mereka.

Yang pasti entrepreneur memiliki disiplin untuk hemat dan mereka tidak membeli barang-barang yang nggak dibutuhkan atau diperlukan.

Jadi, mari berhemat ya!

3. Membedakan pembukuan

Bukan berarti kamu harus membuat  neraca keuangan seperti perusahaan -perusahaan besar ya. Yang di maksud adalah, kamu harus bisa memisahkan pengeluaran pribadi kamu dan juga pengeluaran perusahaan kamu.

Mulai dari parkir, makan dan lain sebagainya, kamu harus belajar mencatat.

Hal ini harus dibiasakan sejak dini, sehingga ketika kamu memiliki usaha yang sudah besar, kamu menjadi terbiasa melakukannya dan kamu pun mengetahui apa saja yang kamu keluarin dan berapa pengeluaran kamu.

Ketika kamu tidak membuat pembukuan yang berbeda demikian, maka yang terjadi perusahaan kamu akan berantakan. Dan ini bisa menjadi pemicu rusaknya dan berantakannya perusahaan yang sudah kamu bangun.

Nah itulah 3 kebiasan dari entrepreneur yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan baik.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami