Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
317


Pernah dengar ketiga istilah ini? Generasi X, Y dan Z? Di artikel ini kita akan bahas lebih mendalam soal ketiga generasi ini dan perbedaannya.

Tahukah kamu untuk membedakan termasuk generasi apakah kamu itu terbilang mudah sekali loh. Kamu hanya perlu hapal urutan lahir dari masing-masing generasi ini.

Generasi X

Biasanya orang-orang yang termasuk generasi ini lahir antara tahun 1966-1979. Mereka yang terlahir di generasi ini biasanya jauh lebih mandiri dan hidup di tengah orangtua yang sibuk bekerja. Akibatnya, generasi ini terbilang jauh lebih mandiri dan kerap melakukan banyak hal dengan cara mereka sendiri.

Generasi Y

Generasi ini lahir antara tahun 1980-1994. Mereka adalah generasi yang mulai paham dengan teknologi, bersifat ambisius, dan suka dengan perubahan. Mereka adalah generasi pemula yang mulai melek dengan teknologi dan mulai melibatkan pendekatan online dalam kehidupan keseharian mereka, seperti penggunaan smartphone, laptop, dan gadget lainnya. Selain itu, mereka adalah orang-orang yang jauh lebih terbuka dengan perbedaan dan bersifat sosial.

Generasi Z

Sementara yang termasuk dalam generasi Z adalah mereka yang terlahir dari rentang tahun 1995-2012. Mereka adalah generasi muda yang benar-benar puny acara pandang yang berbeda dengan dua generasi sebelumnya. Mereka lebih cerdas, cekatan dan berpikiran global akibat pengaruh interaksi tanpa batas yang mereka lakukan sehari-hari dari beragam platform sosial media yang hadir. Hampir seluruh waktu yang mereka punya setiap hari ada di media dan komputer berkualitas canggih. Generasi ini juga bergerak dengan sangat cepat dan berlomba untuk menjadi yang terdepan di beragam platform yang ada seperti YouTube, Facebook dan TV.


Tahun kelahiran, lingkungan dan cara dibesarkan membuat ketiga generasi ini menjalani hidup dengan cara yang berbeda. Mulai dari cara pikir, kebiasaan dan gaya hidupnya pun begitu berbeda.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah jenis hiburan dari ketiga generasi ini. Kalau generasi X lahir saat masa belum ada tv kabel, MTV dan video games maka sampai sekarang pun salah satu hiburan yang masih membuat mereka takjub adalah nonton di bioskop. Dan jenis-jenis tontonan yang mereka suka biasanya lebih ke jenis film romantis, seperti film Indonesia dan Bollywood.

Sementera generasi Y sedikit lebih meningkat, dimana mereka jauh lebih gemar menonton film berkualitas lebih baik. Misalnya, film-film fantasy yang menggugah imajinasi mereka. Mereka juga tak melulu bergantung menonton film di bioskop, karena mereka bisa melakukannya lewat ponsel atau komputer mereka.

Berbeda lagi dengan generasi Z yang dikenal telah membuat perusahaan televisi bangkrut lantaran mereka cenderung lebih menghabiskan waktu di media sosial dan kadang menjadi penyendiri dengan earphone mereka.

Generasi Z adalah generasi yang hidupnya telah menyatu dengan ponsel. Mereka juga lebih suka dengan hal-hal yang lebih instan, cepat dan menarik. Mereka juga terbilang generasi inovatif yang begitu tertarik dengan teknologi dan berlomba untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mencapai pengakuan dari publik.

Tentu saja masih banyak perbedaan mencolok antara ketiga generasi ini. Karena itu gak heran kalau kamu generasi X merasa punya gap dengan generasi Y dan Z. Dan hal itu wajar saja karena kalian memang terlahir dari masa yang berbeda dengan segala kegemaran yang berbeda pula. Tapi bukan berarti perbedaan ini tidak bisa membuat ketiganya saling melengkapi loh. Hanya dengan belajar untuk saling menerima, alhasil gap antar generasi pun tentu saja tak akan menjadi masalah besar bagi kamu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us