Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
490


Lalu berkatalah Kaleb: "Siapa yang menggempur Kiryat-Sefer dan merebutnya, kepadanya akan kuberikan Akhsa, anakku, menjadi isterinya." (Yosua 15: 16)


Kadang namanya dieja Akhsah atau Akhsa. Dia adalah putri Kaleb. Kaleb sendiri adalah salah satu pengikut Musa yang membawa umat Israel masuk ke Tanah Perjanjian.

Akhsa adalah putri satu-satunya dari Kaleb yang kemudian dijadikan sebagai hadiah bagi siapa saja yang berhasil merebut Kirya-Sefer (Yosua 15: 16).

Kisah Akhsa mungkin membuka mata kita bahwa bagi orang Yahudi di masa lalu, anak perempuan diibaratkan sebagai sebuah harta bagi ayahnya. Mereka biasanya akan dijadikan sebagai hadiah untuk diserahkan kepada seseorang yang dianggap berjasa untuk bangsanya.

Di akhir cerita ini, Kaleb pun memenuhi janjinya dengan menyerahkan Akhsa kepada Otniel putra dari Kenaz, yang merupakan saudara laki-lakinya karena sudah berhasil menangkap Kirya-Sefer (Yosua 15: 17).

Dalam kondisi ini, Akhsa tentu saja hanya bisa pasrah karena dia hanya bisa mematuhi ayahnya. Bisa dibilang Akhsa pasti tak bisa mengajukan keberatan atas perintah ayahnya karena hal itu bisa jadi adalah bagian dari tradisi saat itu, dimana pernikahan bahkan diatur oleh orangtua.

Tapi tahukah kamu kalau setelah menikahi Otniel, Akhsa pun meminta bagiannya dari Kaleb. “Berikanlah kepadaku hadiah; telah kauberikan kepadaku tanah yang gersang, berikanlah juga kepadaku mata air. "Lalu diberikannyalah kepadanya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir. Inilah milik pusaka suku bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka.” (Yosua 15: 19-20)

Salah satu permintaannya adalah sebidang tanah bermata air. Karena air adalah hal yang sangat penting di padang gurun Negev. Sebagai seorang ayah yang begitu mengasihi putrinya, Kaleb pun memberinya mata air yang dari hulu dan dari hilir. Itu artinya Kaleb menyerahkan sebidang tanah yang paling berharga bagi putrinya itu.

Baca Juga :

Bayangkan, 3 Hal Inilah yang Dilakukan Abraham Saat Tuhan Menampakkan Diri Padanya

5 Penyebab Kenapa Orang Kristen Gak Dewasa-dewasa Secara Rohani, Apa Kamu Mengalaminya?

Bukankah hal itu sama seperti karakter Bapa Surgawi kita? Meskipun Kaleb menjodohkan putrinya dengan paksa.  Dan mengubah nilai Akhsa hanya sebatas hadiah bagi mereka yang berhasil menang dalam peperangan, namun dia meneladani kasih Tuhan.

Tuhan sendiri melakukan hal serupa seperti yang dilakukan Kaleb kepada putrinya. Sebagai pribadi yang berharga dimataNya, Tuhan sendiri memberikan kita apapun yang kita butuhkan. Saat kita datang meminta Dia memenuhi kebutuhan kita, Dia akan mendengarkan kita dan meresponinya. Bukan hanya mendengarkan tapi Tuhan juga akan memberikan lebih dari yang kita minta.

Tentu saja bukan berarti kalau Tuhan pasti akan menjawab semua hal yang kita minta. Karena kadang-kadang Dia juga meminta kita untuk menunggu atau bahkan tidak menjawabnya. Tapi Tuhan akan selalu memberi kita yang terbaik, sama seperti seorang ayah yang mengasihi anaknya.

Saat kita sadar bahwa kita punya seorang ayah yang pengasih dan yang mendengar doa kita, kita pun pasti akan senang dengan semua hal yang Dia berikan kepada kita. Dan pilihannya selalu bijaksana.

Sumber : Faithgateway.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us