Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
611


Ketika kita mendengar kata gereja, maka hal yang pertama sekali kita pikirkan adalah orang-orang di dalamnya yang baik, kudus dan sangat sempurna.

Benar bukan?

Sebelumnya saya pernah kecewa kepada Yesus, memutuskan pindah agama dan lalu tak beragama.

Nah, kembalinya saya ke Kristus dan gereja adalah karena saya merasa di terima di dalam komunitas gereja. Sebabnya mereka sangat baik, sangat sopan dan benar-benar manis sekali.

Jadi tidak heran bahwa ada begitu banyak orang memiliki harapan yang besar bagaimana mereka akan diperlakukan ketika memasuki gedung gereja.

Namun ternyata dalam prosesnya hal ini kadang tidak sesuai dengan harapan.

Beberapa teman saya memutuskan untuk pindah gereja karena mereka merasa disakiti, mereka merasa kecewa. Bahkan mungkin kamu salah satunya, dan mulai bertanya kepada diri sendiri 'apakah saya harus keluar dari sini atau saya tetap disini?'

Ada begitu banyak faktor yang membuat kita hidup dalam kebingungan dan sakit hati dalam gereja.

Jika kamu merasakan hal itu saat ini, maka ini perlu kamu lakukan.

1. Berikan waktu untuk diri sendiri agar bisa sembuh

Kita adalah orang-orang yang memiliki roh, memiliki emosi dan fisik. Dalam hidup ini kita membutuhkan ketiga aspek itu untuk bisa menjadi utuh. Itu sebabnya ketika kita terluka maka kita perlu memberikan waktu untuk diri kita untuk sembuh.

Dan selama proses penyembuhan ini, kamu harus memusatkan dirimu ke dalam Firman Tuhan, agar kamu akhirnya bisa memaafkan mereka yang menyakiti kamu.

Ingat, kamu butuh waktu agar kebenaran Firman Tuhan itu mengalir dari pikiran ke hati kita dan biarkan Tuhan melakukan pekerjaan ini di dalam diri kamu.

Jika kita mengijinkan Firman Allah masuk dalam diri kita, maka Dia akan membantu kita untuk sembuh.

2. Selidiki hati kamu

Karena kamu adalah apa yang kamu pikirkan. So, mintalah kepada Tuhan untuk membantu kamu berhubungan dengan orang lain dengan cara yang sama, seperti yang Dia kehendaki.

Ketika kamu masuk ke gereja, maka kamu akan melihat anugerah, penerimaan, cinta dan kesabaran dan kamu pun berharap bahwa orang-orang di sana akan bersama dengan kamu dalam jangka panjang dan menganggap mereka jauh lebih baik dari pada kamu.

Tetapi justru bukan itu yang kita alami.

Kesalahan kita adalah kita terlalu fokus untuk memotivasi diri kita untuk mengejar hal-hal yang kita inginkan dan harapkan untuk orang lain lakukan kepada kita.

Mintalah kepada Tuhan agar Dia menolongmu memperbaiki motivasi itu.

Mengejar keserupaan dengan Kristus dan kekudusan ketika kita menghadapi kecewa, terluka dan merasa dikhianati oleh orang-orang di gereja adalah bagian dari perjuangan iman.

Pergilah ke gereja yang tak sempurna dan tertanamlah disana, maka itu akan membuatmu bertumbuh, dan belajar. Tekunlah dalam Tuhan maka kamu akan menang dalam kesempurnaan.

ARTIKEL TERKAIT : Gereja Tidak Sempurna, Itu Sebabnya Kita Perlu Memiliki Hati Untuk Terus Mengampuni!

3. Kembali lagi ke dalam komunitas

Setelah kamu meluangkan waktu untuk menyembuhkan hati dan dirimu, maka penting banget untuk kembali ke komunitas.

Dan ketika kamu melakukannya, mintalah kepada Tuhan agar Dia memberikan kamu hati untuk bangsa-bangsa, terlepas dari pengalaman yang menyakitkan kemarin.

Meskipun kelihatannya sulit untuk melanjutkan, tetapi memilih untuk mencintai dan mengampuni adalah panggilan semua orang yang percaya.

1 Korintus  13 mengatakan kepada kita, bahwa kasih itu haruslah tinggal tetap.

Juga kita diingatkan bahwa "Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat  dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung,   tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna." (1 Korintus 13:2)

So, jangan menyerah dan teruslah berjuang.

Kadang untuk terus berjalan dalam kebenaran, kita harus berani terluka dalam perjuangan kita. Tetaplah terkoneksi dengan Tuhan dan bertumbuh dalam kasihnya.

Kadang mengampuni itu sulit, tetapi kita tidak bisa memastikan bahwa seluruh orang dalam gereja adalah baik adanya.  Itu sebabnya kita harus terus memberikan hati kita siap mengampuni dan mengasihi orang lain.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 2


7221

advertise with us