Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1081


Banyak orang mengatakan kalau musik adalah bahasa universal yang bisa mempersatukan banyak orang. Buat kita sendiri, musik sering banget mempengaruhi mood, bisa jadi lebih bahagia, semangat, atau justru bikin kita terhanyut dalam kesedihan.

Ada banyak bukti yang menunjukkan kalau kebudayaan musik yang paling awal berasal dari Mesir untuk digunakan dalam ritual upacara religius mereka. Dalam Alkitab sendiri, kata yang berkaitan dengan musik, lagu, pemusik, instrumen musik, penyanyi dan nyanyian disebutkan 575 kali. Kitab Mazmur yang terdiri dari 150 pasal pun dianggap berasal dari sebuah kitab yang berisikan nyanyian.

Baca juga: Kata Alkitab: Cara Menyikapi Mereka Yang Terlibat Dengan Homoseksual

Namun, tahukah kita kalau nggak semua jenis musik sesuai dengan firman Tuhan? Bahkan beberapa lagu secara terang-terangan ditujukan untuk menyembah berhala atau menghina Tuhan. Ada pula lagu yang mampu mempengaruhi alam bawah sadar kita, sehingga kita melenceng dari ajaran kebenaran firman Tuhan.

Jadi, nggak heran dong ya kalau sampai ada gereja yang menganjurkan jemaatnya untuk tidak mendengar musik sekuler dengan alasan-alasan di atas?

Inilah yang membuat kita sebagai orang Kristen harus bisa bijak dalam memilih lagu yang sesuai dengan firman Tuhan? Ps. Yohanes Nahuway merupakan pemimpin dari persekutuan anak hamba Tuhan sejak 2008 sampai 2013.

Hingga kini, Pastor Anes, begitu sapaan akrabnya, aktif melayani sebagai wakil gembala sidang GBI Mawar Sharon, sekaligus sebagai gembala komisi pemuda dan anak.Bersama dengan Pastor Anes, kita akan membas soal lagu yang baiknya didengar oleh orang percaya.

Sikap orang Kristen yang ingin mendengar lagu duniawi, mana aja yang baik?

Pertama, penting buat kita untuk memperhatikan lagu bukan hanya dari iramanya saja. Kita juga harus perhatikan lirik yang ada di dalam lagu tersebut. Pastor Anes menggarisbawahi kalau segala sesuatu sebenarnya tergantung dari motivasi kita.

"Contohnya, kita adalah worship leader, kita bernyanyi lagu rohani, tetapi fokusnya bukan untuk Tuhan, melainkan untuk diri kita sendiri, maka ya nggak ada pengaruhnya juga," jelas anak dari Pdt. Dr. Jacob Nahuway ini.

"Atau bisa juga, saat kita bernyanyi rohani, tapi pikiran kita tentang mau makan dimana setelah ibadah, ya balik lagi, motivasinya akan sangat menentukan dalam memilih lagu itu sendiri."

Kita harus bisa menyeleksi musik dari lirik-liriknya. Kalau emang liriknya kurang bagus, maka kita bisa menghindarinya. Pastor Anes juga merekomendasikan untuk tidak mendengarkan lagu yang biasanya tertulis eksplisit, sebab biasanya lagu tersebut lebih vulgar dan bisa mempengaruhi mood.

Nah, lewat percakapan bersama Pastor Anes, kita jadi belajar untuk tidak malas dalam memilah lagu yang baik dengan menyeleksi liriknya. Kalau memang kita tahu liriknya nggak bagus, ya langsung saja kita lewati. Jadi, musik sekuler atau duniawi tetap bisa kita dengarkan, hanya saja, kita harus mengingat motivasi kita dalam menikmati musik tersebut. 

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Irat Irat 16 June 2019 - 14:09:41

Tuliskan kesimpulan bagaimana anda mendengar,serta.. more..

0 Answer

#v 07 virma purba 15 June 2019 - 09:28:34

apakah arti firman Tuhan menurut kitab ulangan

0 Answer

Osee 516 14 June 2019 - 12:18:08

Apakah boleh Kristen merokok

1 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Mitra Juni Week 3


7264

Fun Run