Lori Mora

Official Writer
1048


Di film terbaru A Star Is Born, dikisahkan bagaimana aktor utama yang diperankan oleh Bradley Cooper kerap mengalami rasa sakit di bagian telinganya. Dia mengaku seperti merasa ada suara yang terus berdenging di bagian telinga dalamnya.

Dalam ilmu medis, kondisi ini dikenal dengan istilah Tinitus yaitu gangguan pendengaran yang membuat penderitanya sulit membedakan suara nyata dan yang tidak nyata. Bunyi-bunyian ini bisa bertahan lama dan mebuat penderitanya kurang nyaman dan bahkan bisa menimbulkan depresi, stres dan kecemasan.

Penyebab Tinnitus

Beberapa penelitian menemukan terdapat beberapa penyebab utama penyakit telinga berdenging ini diantaranya bisa karena makanan, minuman ataupun obat-obatan tertentu. Walaupun penyebabnya tidak sama bagi setiap orang, tapi sangat dianjurkan untuk menghindari beberapa pemicu ini.

1. Minum minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, cola, teh bisa jadi penyebab timbulnya tinnitus. Bukan hanya itu tapi minuman yang megandung alkohol, aspirin dan garam juga bisa berkontribusi.

2. Kebiasaan merokok

Merokok bisa semakin memperparah kondisi Tinnitus. Karena rokok bisa mengganggu proses aliran darah ke sel-sel saraf sensitif yang berfungsi untuk mengontrol pendengaran. Saat darah tidak mengalir, bunyi deringan di telinga pun bisa muncul.

3. Mendengar suara dengan volume yang tinggi

Kebiasaan seperti mendengar musik dengan volume maksimal dan bekerja di lingkungan yang bising bisa jadi pemicu dari penyakit ini. Pasalnya, frekuensi suara yang cukup tinggi bisa merusak gendang suara. Suara yang berdenging di dalam telinga bisa juga jadi pertanda kalau gendang suaramu bermasalah.

4. Akibat infeksi atau sinus

Kamu mungkin sering merasa mengalami tinnitus saat dalam ekadaan flu dan pilek. Dan hal ini bisa saja disebabkan oleh infeksi telinga atau sinus yang akhirnya mempengaruhi pendengaranmu dan memberikan tekanan di bagian telinga. Biasanya rasa sakit ini tidak akan berlangsung lama. Tapi, kalau rasa sakitnya justru tak hilang-hilang juga sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter THT.

5. Masalah tekanan darah

Tinnitus bisa disebabkan oleh kondisi tekanan darah tinggi akibat stress, minum alkohol maupun jenis minuman berkafein lainnya. Saat tekanan darah meningkat, pembuluh darah yang terletak sangat dekat dengan telinga bagian tengah akan mempengaruhi pendengaran.

6. Riwayat penyakit lainnya

Selain kondisi-kondisi di atas, tinnitus juga bisa disebabkan oleh riwayat penyakit tertentu. Seperti contoh perubahan tulang telinga bagian dalam, atau karena penyakit Miniere, cedera kepala maupun leher. Kondisi seperti fibromyalgia dan penyakit Lyme juga bisa memicu telinga berdenging.

Baca Juga :

Cara Efektif Mengobati Telinga Berdengung

Waspadai Serangan Telinga Berdengung yang Disertai Vertigo


Cara Mengatasi Tinnitus

Nah, bagi penderita tinnitus sangat dianjurkan untuk melakukan beberapa hal ini:

  • Jauhi kebiasaan yang bisa meningkatkan tekanan darah seperti minum minuman beralkohol, berkafein dan merokok.
  • Dengarkan musik atau suara dengan volume yang lembut. Saat berada di lingkungan yang bisik pakailah pelindung telinga untuk meredam suara keras masuk ke dalam telinga secara langsung.
  • Istirahat yang cukup sangat dianjurkan untuk mencegah munculnya stres penyebab tinnitus.
  • Periksa kesehatan. Jika memang kamu punya riwayat penyakit seperti tyroid, darah tinggi, lyme, stroke, sinus atau diabetes itu artinya rasa berdenging di telingamu berasal dari penyakit tersebut. Segeralah mendapatkan perawatan untuk mengatasi penyakit yang sedang kamu alami.

Sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika rasa berdenging di telingamu semakin parah dan mengganggu.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kalian untuk mengatasi masalah tinnitus dengan cara yang tepat.

Sumber : Webmd.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7269

Banner Mitra April Week 2