Jadi Dampak Buat Orang lain Yang Sedang Berduka, Orang Tua Kristen Perlu Lakukan 3 Hal ini
Sumber: Google

Parenting / 25 October 2018

Kalangan Sendiri

Jadi Dampak Buat Orang lain Yang Sedang Berduka, Orang Tua Kristen Perlu Lakukan 3 Hal ini

Naomii Simbolon Official Writer
2163

Siapa sih yang nggak pernah memiliki sebuah masalah dan bersedih dalam hidupnya?

Semua orang di dunia ini tentu saja merasakan sebuah masalah dan pernah menangis karena luka dan lain sebagainya.

Kalau anak kita sedang mengalami kesulitan, mungkin mudah bagi kita untuk bersama mereka dan langsung bergerak cepat untuk mencoba memperbaiki masalah mereka.

Berdiri di barisan paling depan dan menjadi superdad atau supermom baginya.

Lalu bagaimana kalau yang memiliki masalah, yang lagi berduka, yang lagi kehilangan dan hancur hati bukan anak kamu, melainkan sahabatnya?

Mungkin sahabat sekolahnya, sahabatnya di gereja yang sering dibawanya ke rumah dan bermain dengannya dan lain sebagainya.

Apa yang harus kamu lakukan sebagai orang tua Kristen?

Apakah mendiamkan adalah cara yang benar, sebab mereka kan bukan anak kamu?

Jika demikian, lakukanlah beberapa hal di bawah ini :

1. Jangan mencoba untuk memperbaikinya

Hidup ini bisa dengan cepat menjadi sangat berantakan dan masalah menjadi sangat rumit. Bukan tugas kita untuk memperbaiki semua masalah orang lain, meskipun itu anak kita sendiri loh!

Sebagai ibu, tentu saja kita berpikir demikian bukan? Kita ingin sekali menyelesaikan semua masalah.

Tapi apa yang perlu kita ketahui bahwa kadang kekecewaan, perjuangan dan sakit hati membuat kita belajar mengenai sesuatu dalam hidup ini.

Hal yang sama mungkin terjadi dan berlaku untuk sahabat anak kamu.

Ada beberapa pelajaran hidup yang paling baik untuk di lalui, yaitu melalui pengalaman, rasa sakit, dan perjuangan.

Perjuangan dalam proses membantu kita untuk membangun ketaatan dan membuat kita bergantung penuh kepada Tuhan.

Kita hidup di dunia ini, jadi berhati-hatilah.

2. Arahkan sahabat anakmu tersebut kepada Yesus

Hanya Yesus penyembuh yang bisa menyembuhkan duka yang paling dalma.

Gunung terbesar sekalipun, Tuhan tetap bisa hancurkan dan runtuhkan jika Dia mau. Jadi Tuhan bisa melakukan apapun bahkan menyembuhkan hati yang terluka.

"Sengsaraku Engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku Kautaruh ke dalam kirbat-Mu. Bukankah semuanya telah Kaudaftarkan?  Maka musuhku akan mundur pada waktu aku berseru; aku yakin, bahwa Allah memihak kepadaku." (Mazmur 56:8-9)

Arahkan lah dia ke arah Juruselamatnya, ini adalah hal yang utama untuk maju dan memperkuat perjalanannya dengan Tuhan dan memperkenalkannya kepada Juruselamat.

Yesus bahkan memerintahkan kita untuk datang kepadaNya ketika kita lelah.

"Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." (Mazmur 11:28-30)

3.  Berdoalah bersama-sama

Ini adalah salah satu cara yang paling bagus untuk kamu lakukan. Luangkan waktumu untuk berdoa bersama sebagai satu tim. Biarkan anak itu tahu bahwa kepercayaan mereka berada di dalam Tuhan dan Tuhan menawarkan kedamaian yang dunia nggak mengerti sama sekali.

"Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu" (Yohanes 14:27)

Semakin kita sering berdoa bersama dan untuk anak-anak kita atau temannya, maka iman mereka akan semakin bertumbuh dalam kehidupan mereka dan dalam perjalanan pribadi mereka di masa remaja atau dewasa muda. So, ambillah waktu untuk membawa kebutuhan mereka kepada Tuhan dan percaya bahwa Dia akan mengarahkan jalan. Tunjukkan juga gimana caranya berdoa. Beritahu mereka bahwa tak masalah meski mengalami keadaan yang sulit sekalipun, sebab di dalam Tuhan akan ada solusi dan Dia akan memberikan kita damaian yang mengalir seperti sungai melalui situasi ini.

Menghibur orang yang sedang berduka itu kadang sulit, dan memberi saran kepada orang yang dalam masalahnya juga kadang sulit. Namun untuk menjadi orang tua Kristen yang penuh kasih, 3 hal di atas mungkin bisa kamu lakukan. Bagaimana?

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami