4 Prinsip Pernikahan Ini Bikin Hubungan Kamu Awet Sampai Maut Memisahkan!
Sumber: real story

Marriage / 25 October 2018

Kalangan Sendiri

4 Prinsip Pernikahan Ini Bikin Hubungan Kamu Awet Sampai Maut Memisahkan!

Naomii Simbolon Official Writer
3346

Satu orang bisa berbuat banyak dan menciptakan serta menjaga keharmonisan yang emosional dalam pernikahan.

Mungkin beberapa dari kamu nggak begitu setuju dengan hal ini. Meskipun memang kita nggak bisa membuat pasangan kita melakukan apa saja yang kita inginkan tetapi kita bisa mengatur hidup kita dengan berbuat demikian kepada pasangan kita dan memiliki dampak yang besar dalam pernikahan kita.

Ada begitu banyak pernikahan yang gagal karena sering sekali sama-sama hidup dalam keegoisan.

Jika kamu ingin mendapatkan pernikahan yang baik dan harmonis, maka kamu harus mempertimbangkan beberapa langkah tindakan yang bisa kamu ambil atau kalian ambil dalam pernikahan kalian demi membawa stabilitas pada sebuah situasi emosional yang menantang.

1. Setuju untuk menjaga keseimbangan emosi dalam setiap percakapan kalian

Buatlah keputusan bahwa pernikahan kamu harus berubah. Pernikahan nggak akan pernah bisa berubah kecuali salah satu atau keduanya sama-sama berubah.

Kamu harus melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Emosi adalah energi dalam gerakan, dan emosi bisa digunakan untuk tujuan yang konstruktif atau menjadi energi yang tak terbatas yang cukup merusak.

So, waspadailah riasan emosi kamu. Kamu harus terbiasa dengan pola hidup kamu sebelum bisa mengubahnya.

2. Setuju bahwa kamu masing-masing bertanggung jawab untuk dirimu sendiri

Kebanyakan dari kita cenderung reaktif dimana kita jarang memerhatikan reaksi emosional kita. Kita sering terjebak dalam apa pun yang terjadi secara eksternal, dan gagal mengawasi emosi kita.

So, tentukan dan bertanggung jawablah pada diri kamu sendiri juga mengenai apa yang harus di ubah. Lacak dan selidiki mood dan emosi kamu, serta apa yang terjadi dalam riasan emosi kamu.

3. Rangkul keseimbangan emosional kamu

Ambillah tanggung jawab untuk nggak membiarkan emosi kamu mengatur reaksi kamu. Saya sudah mencatat, bahwa dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk merasakan daripada memikirkan, tetapi juga  sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan setiap situasi, dan menggunakan kebijaksanaan yang diberikan oleh Tuhan untuk mengatur perilaku kita.

Jika kamu memiliki masalah dengan amarah atau ketidakstabilan emosi kamu, semangatlah untuk mengejar keseimbangan emosi kamu.

4. Tinjaulah secara kritis gimana kamu menangani setiap situasi dan buatlah rencana untuk koreksi

Tegaskan bagaimana kamu menangani situasi ini dan berfokuslah pada dirimu sendiri. Catat apa yang menjadi pemicu emosi itu terjadi dan kira-kira penyembuhan yang seperti apa yang mungkin bisa dilakukan.

Ambillah kesempatan untuk tetap menjagai semuanya dalam persepktif baru dengan meluangkan waktu untuk memikirkan apa ingin kamu katakan dan gimana kamu ingin bertindak.

So, jangan biarkan diri kamu menjadi orang yang emosional banget.

Alkitab berulang kali memperingatkan kita mengenai reaktivias emosional. Kita pun di peringatkan untuk menjadi orang yang sabar.

"Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota." (Amsal 16:32)

So, tetaplah bersabar dan ikutilah 4 kunci di atas. Temuilah kebahagiaan dan keharmonisan dalam pernikahanmu sampai maut memisahkan. Diberkatilah pernikahanmu ya!

 

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami