Issu Kebotakan Bikin Kita Tak Percaya Diri? Ketahui Penyebabnya Dibawah Ini!

Health / 24 October 2018

Kalangan Sendiri

Issu Kebotakan Bikin Kita Tak Percaya Diri? Ketahui Penyebabnya Dibawah Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
1739

Isu kebotakan merupakan ancaman serius bagi pria maupun wanita, karena bisa merusak penampilan yang berujung pada menurunnya rasa percaya diri. Sayangnya, masih ada begitu banyak orang yang belum paham dan bingung ketika rambut mereka mengalami kebotakan.

Kebotakan merupakan perpanjangan kasus dimana rambut menjadi rontok karena disebabkan oleh banyak hal, yang membuat struktur rambut rusak, sehingga rambut menjadi rontok atau susah untuk tumbuh kembali dengan normal.

Menurut Dr Sung, kepala kita memiliki lebih dari 10.000 kantung, dan masing-masing kantung rambut mampu memproduksi sekitar 20 helai rambut.

Jadi, pertumbuhan rambut ini dipengaruhi oleh sistem hormon androgen dimana testosterone dan Dihydrotestosterone (DHT) termasuk di dalamnnya. Ketika rambut mengalami kerontokan 100 helai per-hari hal itu adalah wajar, sebab rambut akan tumbuh kembali dalam waktu beberapa hari.

Tetapi yang sering menjadi masalah, rambut yang rontok tak lagi tumbuh kembali, hal itulah yang bikin kepala menjadi botak.

Lalu apa sih penyebab rambut rontok atau kebotakan itu?

Nah, dikutip dari SB30 Health, Dr Sung membeberkan penyebab rambut rontok:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon  yang di maksud adalah perubahan hormon ditosterom.

Dengan meningkatnya hormon ini maka akan mengakibatkan rambut semakin tipis dimana rambut akan mudah rontok karena folikel rambut akan sensitif terhadap peningkatan hormon tersebut sehingga mudah patah dan sulit untuk tumbuh.

Akitab kebotakan ini, garis rambutpun akan terbentuk menjadi huruf M di jidat kita. Biasanya pria yang alami hal ini.

Kalau pada pria kerontokannya terkumpul pada satu area, sebaliknya pada wanita akan rontok merata di seluruh kepala, jadi nggak akan terlalu terlihat.

2. Kekurangan zat gizi tertentu

Misalnya anak-anak. Anak yang kekurangan zat protein akan memiliki rambut pirang seperti warna rambut jagung dan rambut itu akan mudah rontok dan mudah dicabut.

Kalau proteinnya dibenahi dan cukup, maka rambut akan kembali normal.

Hal ini pun terjadi pada orang dewasa. Hal ini biasanya terjadi karena orang dewasa tersebut melakukan diet yang terlalu ketat sehingga kekurangan gizi.

Jadi kalau kamu merasa demikian, sebaiknya perhatikanlah dan ubah cara dietmu.

Jangan sampai kekurangan gizi sehingga rambut menjadi rontok!

3. Karena pengobatan kemoterapi

Bagi kamu yang mungkin sakit seperti kanker dan harus melakukan radio kemoterapi maka kamu akan mengalami kebotakan keseluruhan.

Kebotakan seperti ini disebut dengan Anagen Effluvium, atau kebotakan secara menyeluruh.

Rambut yang mulai tumbuhpun akan rontok , hal itu diakibatkan radiasi dari kemoterapi.

4. Karena zat kimia

Bagi kamu yang suka zat rambut sembarangan tanpa konsultasi dulu dengan dokter kepala maka hal itu bisa menjadi akibatnya.

Atau kamu menggunakan sembarang zat rambut yang mengandung zat kimia berbahaya, akan membuat kepala kamu menjadi panas sehingga gampang untuk rontok dan botak bahkan sulit untuk bertumbuh.

Tahu penyebab maka tahu bagaimana mengobatinya bukan? Nah jika kamu mengalami kebotakan karena penyebab di atas, maka kamu tak perlu kuatir lagi. Jika bisa diobati, maka obatilah!    

Sumber : youtube
Halaman :
1

Ikuti Kami